Huawei Jalin Kerja Sama Keamanan Siber dengan BSSN

Kerja sama Huawei dan BSSN ini meliputi fasilitasi pembelajaran lanjutan, sertifikasi profesional, dan peningkatan kompetensi keamanan siber.
28 September 2021 11:36 WIB • Bacaan 2 menit
Huawei BSSN IT Del Huawei BSSN IT Del
Penandatanganan kerja sama antara Huawei dengan BSSN. Foto: Huawei.

Huawei Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama keamanan siber dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia pada Senin, 27 September 2021. Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama itu disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, CEO dan Pendiri Huawei Ren Zhengfei, Presiden Huawei Asia-Pasifik Jeffery Liu, dan CEO Huawei Indonesia Jacky Chen.

Melansir siaran pers Huawei, Luhut mengatakan bahwa kolaborasi ini menandai komitmen jangka panjang dari Huawei, penyedia teknologi global terkemuka dunia, utamanya untuk peningkatan keamanan siber di Indonesia.

“Huawei tidak hanya menunjukkan komitmen untuk membangun infrastruktur digital di Indonesia, tetapi juga mengembangkan sumber daya manusia digital dan transfer teknologi,” ujar Luhut.

Untuk diketahui, dalam kesempatan tersebut Huawei dan BSSN juga melakukan penandatanganan kerja sama tripartit dengan Institut Teknologi Del (IT Del). Penandatanganan kerja sama Huawei dan BSSN ini adalah untuk memfasilitasi pembelajaran lanjutan, sertifikasi profesional, dan peningkatan kompetensi dalam masalah keamanan siber.

Sementara dalam perjanjian kerja sama tiga pihak, IT Del akan berperan sebagai hub kolaborasi keamanan siber bagi perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Kepala BSSN Hinsa Siburian yang juga hadir dalam penandatanganan kerja sama menjelaskan bahwa pihaknya telah memiliki skema kerja sama dengan Huawei sejak 2019 lalu. Hampir 7.000 pejabat pemerintah dan pegawai negeri telah memperoleh manfaat dari kolaborasi antara Huawei dan BSSN melalui berbagai kegiatan pelatihan, webinar, dan program bersama.

“BSSN sangat mendukung kerja sama ketiga belah pihak antara BSSN, Huawei, dan IT Del sebagai bentuk kerja sama antara pemerintah, pelaku usaha, dan akademisi,” ucapnya.

Baca Juga:

Situs BSSN Alami Peretasan

Keamanan • 25 Oktober 2021 19:18 WIB
Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.