Xiaomi 11T Akan Dapat Dukungan Pembaruan 3 Versi Android dan 4 Tahun Keamanan

Pengguna Xiaomi 11T dapat menggunakan perangkat mereka lebih lama dan tanpa perlu khawatir akan gangguan keamanan selama masa dukungan.
9 September 2021 20:22 WIB • Bacaan 3 menit
Xiaomi 11G dukungan pembaruan Xiaomi 11G dukungan pembaruan
Sumber: Xiaomi

Xiaomi mengumumkan bahwa seri Xiaomi 11T, yakni Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro, akan hadir dengan dukungan pembaruan untuk 3 generasi sistem Android ditambah dengan pembaruan keamanan selama 4 tahun. Ponsel Xiaomi seri tersebut diperkirakan akan segera meluncur secara global dalam beberapa waktu mendatang.

Melalui dukungan pembaruan yang cukup panjang tersebut, pengguna Xiaomi 11T dapat menggunakan perangkat mereka lebih lama dan tanpa perlu khawatir akan gangguan keamanan selama masa dukungan.

Meski untuk saat ini belum semua perangkat keluaran Xiaomi yang memperoleh dukungan serupa itu, perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun tersebut yakin bahwa hal tersebut merupakan langkah awal yang positif untuk memenuhi kebutuhan pengguna seri 11T dan pengguna produk-produk Xiaomi lain di masa mendatang.

“Dengan perbaikan terus-menerus yang dilakukan pada perangkat keras ponsel pintar, siklus hidupnya secara bertahap diperpanjang, yang berarti pengguna tidak perlu mengganti ponsel pintar mereka sesering mungkin,” ujar Kepala Produk dan Teknologi Xiaomi Internasional, Albert Shan, dalam siaran pers pada Kamis, 9 September 2021.

“Untuk alasan ini, semakin banyak konsumen yang sangat mementingkan menerima pembaruan sistem operasi terbaru, bersama dengan fitur-fitur terbaru,” imbuhnya.

Shan menjelaskan bahwa Xiaomi ke depannya akan mempertimbangkan kemungkinan untuk membawa dukungan yang diperluas tersebut ke sejumlah perangkat Xiaomi lainnya. Langkah dukungan pembaruan ini disebutnya sebagai sebuah langkah Xiaomi yang progresif untuk lebih terlibat dalam tanggung jawab lingkungan dan keberlangsungan perusahaan Xiaomi itu sendiri.

Perlu digarisbawahi, Xiaomi memberi catatan bahwa ketersediaan pembaruan dan peningkatan fitur sistem operasi Android dapat bervariasi dari satu perangkat ke perangkat lain. Selain itu perbedaan wilayah dan pasar perangkat juga dapat menentukan ketersediaan pembaruan. Ketersediaan pembaruan itu juga akan bergantung pada berbagai faktor termasuk, namun tidak terbatas pada, kompleksitas pembaruan, peraturan lokal, dan faktor lainnya.

Xiaomi Mi 11 5G (pendahulu 11T) yang telah diluncurkan di Indonesia pada 16 Maret 2021. Ilustrasi: Xiaomi Indonesia.

Model dukungan dan siklus hidup produk yang panjang ini menjadi kabar menggembirakan bagi khususnya pengguna ponsel Android. Sebab, sebagian besar produsen ponsel berbasis Android hanya memberikan dukungan pembaruan paling lama selama tiga tahun setelah peluncuran.

Bahkan, baru-baru ini, pemerintah Jerman dilaporkan mendorong Uni Eropa untuk mewajibkan para produsen ponsel pintar untuk memberikan pembaruan keamanan selama tujuh tahun. Dukungan tersebut juga mencakup suku cadang bagi ponsel yang dibeli konsumen.

Permohonan Jerman itu disebut berdurasi dua tahun lebih lama dari proposal yang diajukan Komisi Eropa. Namun, apabila berhasil, maka bukan tak mungkin siklus dukungan ponsel pintar di Eropa akan menyerupai siklus dukungan yang serupa dengan komputer.

Untuk diketahui, seri produk Xiaomi 11T diperkirakan akan masuk ke Indonesia selepas peluncuran global yang akan dilakukan. Pada 15 September 2021 mendatang, Xiaomi akan meluncurkan satu produknya yang disinyalir ialah Xiaomi 11T itu sendiri.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.