Soal Durasi Tonton per Pengguna, TikTok Kalahkan YouTube

Dalam laporan terpisah, TikTok juga disebut sebagai aplikasi terbanyak diunduh pada 2020.
7 September 2021 16:32 WIB • Bacaan 2 menit
TikTok TikTok
Foto: Unsplash/Solen Feyissa

Di Amerika Serikat dan Inggris, TikTok dilaporkan mengangkangi YouTube dalam hal waktu yang dihabiskan tiap penggunanya untuk menonton tayangan. Hal itu bersumber dari laporan perusahaan pemantau App Annie.

Namun, YouTube masih merajai kompetisi untuk keseluruhan waktu yang dihabiskan seluruh pengguna secara akumulatif (bukan tiap pengguna) untuk menyaksikan tayangan di layanan mereka. Wajar, karena memang jumlah pengguna YouTube di seluruh dunia terlampau besar, sekitar dua miliar pengguna bulanan. Sementara TikTok, pada pertengahan 2020 lalu diketahui memiliki sekitar 700 juta pengguna.

Perlu dicatat bahwa laporan ini tidak mencakup pengguna dengan ponsel selain Android. App Annie juga tidak menghitung para pengguna yang berada di Cina, di mana TikTok di sana dikenal dengan nama Douyin dan menjadi salah satu aplikasi utama masyarakat Cina.

Di Inggris, dalam metrik yang sama, TikTok diketahui telah melampaui YouTube pada Juni 2020 dan terus bertahan hingga saat ini. Adapun di Amerika Serikat, TikTok dan YouTube disebut saling bertukar posisi beberapa kali pada akhir tahun lalu sebelum TikTok kembali muncul teratas.

Dalam laporan terpisah, TikTok juga disebut sebagai aplikasi terbanyak diunduh pada 2020. Posisi tersebut sebelumnya ditempati oleh aplikasi Facebook Messenger.

Hal itu berarti TikTok adalah satu-satunya aplikasi yang tidak dimiliki oleh Facebook yang selalu membuat lima besar unduhan secara global.

Aplikasi milik Facebook tersebut yakni Facebook itu sendiri, WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger.

Baca Juga:

TikTok Catatkan 1 Miliar Pengguna

Media Sosial • 28 September 2021 08:04 WIB
Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.