YouTube Music dan Premium Sentuh Angka 50 Juta Pelanggan

Google mengklaim bahwa capaian 50 juta pelanggan YouTube Music dan Premium menjadikan mereka sebagai layanan berlangganan musik dengan pertumbuhan tercepat.
3 September 2021 21:05 WIB • Bacaan 2 menit
YouTube YouTube
Foto: Pexels/freestocks.org

Google mengumumkan bahwa pihaknya telah melampaui angka 50 juta pelanggan (termasuk yang menjalani masa uji coba) untuk layanan YouTube Music dan Premium. Capaian angka tersebut diperoleh setelah enam tahun yang lalu Google mulai menyediakan opsi berlangganan bagi para pengguna YouTube.

Global Head of Music YouTube, Lyor Cohen, dalam buletin bulanannya yang dipublikasikan pada Kamis, 2 September 2021, menyebut bahwa pencapaian ini menjadikan mereka sebagai layanan berlangganan musik dengan pertumbuhan tercepat.

“Kami baru-baru ini mengumumkan bahwa YouTube telah membayar $4 miliar untuk industri musik dalam 12 bulan terakhir. Sementara hari ini saya dengan senang hati mengumumkan pencapaian lain di bisnis langganan kami: YouTube telah melampaui 50 juta pelanggan Music dan Premium dan merupakan layanan berlangganan musik dengan pertumbuhan tercepat di luar sana,” ujarnya dikutip dari blog resmi YouTube.

Ia mengklaim bahwa Google memiliki layanan yang dapat memberi nilai tambah yang unik bagi para artis dan pembuat konten serta menghadirkan pengalaman terbaik bagi penggemar musik dan penikmat video.

Melalui fitur berlangganan premium, Google menjelaskan bahwa pelanggan dapat menikmati konten yang tersedia dengan tanpa gangguan iklan ke seluruh konten di YouTube dan YouTube Music.

Di Indonesia, YouTube Music Premium ditawarkan pada harga Rp49.000 per bulan dengan masa uji coba selama satu bulan. Google juga menyediakan pilihan paket keluarga dengan Rp75.000 per bulan yang dapat digunakan oleh maksimal lima anggota keluarga dan paket pelajar dengan biaya Rp24.990 per bulan.

Adapun untuk YouTube Premium ditawarkan seharga Rp59.000 per bulan dengan masa uji coba selama satu bulan dan menawarkan kebebasan menonton tayangan YouTube dan YouTube Music tanpa iklan. Paket keluarga dan pelajar juga tersedia untuk layanan tersebut dengan masing-masing seharga Rp89.000 dan Rp34.990 per bulannya.

Cohen mengatakan bahwa pihaknya akan terus berinvestasi dan berinovasi untuk menghadirkan manfaat eksklusif bagi para pelanggan mereka. Mereka juga menantikan pertumbuhan angka berlangganan yang diperkirakan akan meningkat di masa-masa mendatang.

Sekadar perbandingan, layanan Apple Music yang diluncurkan lebih dahulu oleh kompetitor mampu menyentuh angka 50 juta pelanggan (termasuk pelanggan dengan masa uji coba) pada tahun 2018 lalu atau hanya dalam kurun waktu tiga tahun sejak layanan tersebut diluncurkan.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.