Google Akan Tampilkan Video Instagram dan TikTok di Pencarian?

Google dilaporkan tengah melakukan pembicaraan dengan Facebook dan ByteDance untuk mewujudkan hal itu.
27 September 2021 17:44 WIB • Bacaan 2 menit
Google Search Google Search
Ilustrasi: Unsplash/Solen Feyissa

Google dilaporkan tengah menjajaki kemungkinan untuk membawa video Instagram dan TikTok ke dalam hasil pencarian mereka. Saat ini, mereka dilaporkan tengah melakukan pembicaraan dengan Facebook dan ByteDance, induk perusahaan masing-masing aplikasi, untuk mewujudkan hal itu.

Apabila pembicaraan tersebut mencapai kata sepakat, bisa jadi pengguna pencarian Google dapat mencari video di Instagram dan TikTok dengan menggunakan kata kunci sebagaimana pencarian pada umumnya.

Pembicaraan tersebut tampaknya meliputi bagaimana kemungkinan untuk mendapatkan data dari Instagram dan TikTok yang mereka butuhkan untuk mengindeks dan memberikan peringkat video dari kedua aplikasi tersebut.

Mengutip The Information melalui XDA, Juru Bicara Google memberi penjelasan terkait pembicaraan ini bahwa pihaknya selalu mencari cara baru untuk membuat suatu konten dapat ditemukan dengan mudah oleh semua orang.

“Kami membantu situs membuat konten mereka dapat ditemukan dan mendapat manfaat dari ditemukan di Google dan mereka dapat memilih bagaimana atau apakah konten mereka akan muncul di penelusuran,” ujarnya.

Sebelumnya, mereka juga dilaporkan mulai menguji fitur baru yang dapat memperlihatkan video Instagram dan Tiktok dalam pencarian yang dilakukan di smartphone. Peluncuran fitur tersebut secara lebih luas diperkirakan akan terjadi apabila kesepakatan berhasil dicapai.

Uji coba tampilan video Instagram dan TikTok di halaman pencarian. Sumber: Search Engine Roundtable.

Untuk diketahui, saat ini, untuk mengikutsertakan unggahan Twitter dalam hasil pencarian, Google membayarkan kepada Twitter biaya lisensi untuk dapat memasukkan data tweet ke halaman pencarian mereka. Tidak diketahui apakah skema lisensi tersebut juga akan diterapkan dalam pembicaraan Google dengan Facebook dan ByteDance.

Baca Juga:

TikTok Catatkan 1 Miliar Pengguna

Media Sosial • 28 September 2021 08:04 WIB
Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.