Fitur Background Video untuk Google Meet Kini Hadir di Android

Pembaruan untuk aplikasi Google Meet Android tersebut akan mulai tersedia secara bertahap pada 28 September 2021 hingga 15 hari ke depan.
29 September 2021 09:53 WIB • Bacaan 4 menit
Google Meet Google Meet

Google Meet, aplikasi video meeting serupa Zoom yang menjadi bagian dari Google Workspace, untuk Android akhirnya kedatangan fitur yang dapat menjadikan video sebagai latar belakang layar. Fitur tersebut sebelumnya baru tersedia untuk Google Meet di web dan iOS.

Untuk saat ini, pengguna Google Meet di perangkat Android baru dapat memilih dari enam video buatan Google seperti ruang kelas, pesta, pantai, dan lainnya. Google menjelaskan bahwa ke depannya, opsi tersebut akan bertambah dan bisa jadi pengguna Google Meet akan bisa memilih video kreasi mereka sendiri untuk ditampilkan sebagai latar belakang di Google Meet.

Fitur ini, selain fitur background gambar, dapat membantu pengguna Google Meet untuk menunjukkan kreativitasnya. Fitur tersebut juga berguna untuk menyembunyikan lingkungan sekitar Anda untuk menjaga privasi.

Pembaruan untuk aplikasi Google Meet Android tersebut akan mulai tersedia secara bertahap pada 28 September 2021 hingga 15 hari ke depan untuk seluruh pengguna Google Meet.

Perlu dicatat bahwa untuk dapat menggunakan fitur tersebut, perangkat Android harus berada dalam versi setidaknya Android 9 (Pie) dan memiliki spesifikasi yang cukup atau serupa dengan perangkat Samsung Galaxy S9, Google Pixel 3, atau perangkat lain dengan spesifikasi lebih tinggi. Dengan kata lain, tidak semua perangkat Android mendukung fitur ini. Ada kemungkinan smartphone Android entry-level tidak bisa menggunakan fitur ubah background.

Selain itu, harap diingat bahwa penggunaan efek latar belakang juga dapat meningkatkan penggunaan baterai perangkat sehingga apabila baterai smartphone Anda tersisa sedikit, Anda mungkin perlu untuk mematikan efek latar belakang untuk lebih memaksimalkan daya tahan baterai yang tersisa.

Cara Ubah Background Google Meet Sebelum Panggilan Video

Untuk mengubah latar belakang video di Google Meet sebelum melakukan panggilan video, pastikan bahwa aplikasi Google Meet di perangkat Android Anda sudah mendapat pembaruan tanggal 28 September 2021. Saat ini, belum semua pengguna menerima pembaruan yang memungkinkan penggunaan fitur ini. Pengguna dapat menunggu pembaruan tersebut dalam 15 hari ke depan (mulai 28 September 2021) untuk memperoleh fitur ini.

Apabila sudah memperoleh pembaruan, untuk mengubah latar belakang Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Aplikasi Google Meet, kemudian pilih pilihan Meeting yang ada pada halaman utama atau bergabung dengan menggunakan kode meeting;
  2. Sebelum bergabung pada meeting, pada bagian bawah di tampilan diri, ketuk tombol “Effects”. Apabila tidak menemukan opsi tersebut, kemungkinan besar perangkat Anda tidak memenuhi syarat untuk menjalankan fitur ini.
    • Untuk sedikit memburamkan latar belakang, ketuk tombol “Slightly Blur”
    • Untuk mengaburkan latar belakang sepenuhnya, ketuk tombol “Blur Background”
    • Untuk mengunggah latar belakang Anda sendiri, ketuk tombol “Add”
    • Untuk memilih latar belakang yang telah diunggah sebelumnya, ketuk latar belakang yang ingin Anda gunakan
    • Untuk memilih style, di bagian bawah, ketuk “Style” dan pilih yang ingin Anda gunakan
    • Untuk memilih filter, di bagian bawah, ketuk “Filter” dan pilih yang ingin Anda gunakan
    • Untuk menghapus efek, ketuk “No Effects”
  3. Apabila sudah selesai melakukan pengaturan di atas, ketuk tombol “Done”
  4. Ketuk tombol “Join”

Cara Ubah Background Google Meet Selama Panggilan Video

Anda juga dapat mengubah latar belakang Anda selama berada dalam panggilan video atau meeting. Sekali lagi, untuk menggunakan fitur latar belakang video, pastikan bahwa aplikasi Google Meet di perangkat Android Anda sudah mendapat pembaruan tanggal 28 September 2021. Saat ini, belum semua pengguna menerima pembaruan yang memungkinkan penggunaan fitur ini. Pengguna dapat menunggu pembaruan tersebut dalam 15 hari ke depan (mulai 28 September 2021) untuk memperoleh fitur ini.

Apabila sudah memperoleh pembaruan, untuk mengubah latar belakang selama panggilan video Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Ketuk layar untuk menampilkan tampilan diri Anda, di sekitar tampilan diri, ketuk tombol “Effects”. Apabila tidak menemukan opsi tersebut, kemungkinan besar perangkat Anda tidak memenuhi syarat untuk menjalankan fitur ini.
    • Untuk sedikit memburamkan latar belakang, ketuk tombol “Slightly Blur”
    • Untuk mengaburkan latar belakang sepenuhnya, ketuk tombol “Blur Background”
    • Untuk mengunggah latar belakang Anda sendiri, ketuk tombol “Add”
    • Untuk memilih latar belakang yang telah diunggah sebelumnya, ketuk latar belakang yang ingin Anda gunakan
    • Untuk memilih style, di bagian bawah, ketuk “Style” dan pilih yang ingin Anda gunakan
    • Untuk memilih filter, di bagian bawah, ketuk “Filter” dan pilih yang ingin Anda gunakan
  2. Apabila sudah selesai melakukan pengaturan, ketuk “Close”

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.