Google Rilis Kode Sumber Android 12 Versi Stabil

Sejauh ini, vendor seperti OPPO, realme, dan Xiaomi telah memperkenalkan antarmuka mereka masing-masing yang nantinya akan berjalan di atas Android 12.
5 Oktober 2021 09:16 WIB • Bacaan 3 menit
Android 12 Android 12
Tampilan umum Android 12. Sumber: Google.

Google telah merilis kode sumber Android 12 melalui proyek Android Open Source Project (AOSP). Dengan demikian, Android 12 resmi hadir dan akan menjangkau sejumlah perangkat Android yang memperoleh pembaruan Android 12 dari vendor smartphone.

Dengan meluncurnya versi stabil Android 12, itu berarti para pengembang ROM kustom akan dapat mulai bekerja dan memublikasikan ROM buatan mereka untuk sejumlah smartphone yang didukung. Para vendor smartphone juga dapat segera memberikan pembaruan melalui antarmuka mereka sendiri.

Sejauh ini, vendor seperti OPPO, realme, dan Xiaomi telah memperkenalkan antarmuka mereka masing-masing yang nantinya akan berjalan di atas Android 12. Dalam beberapa waktu mendatang, diperkirakan pembaruan tersebut akan menghampiri smartphone pengguna yang masih dalam masa dukungan vendor.

Android terbaru ini akan membawa banyak peningkatan dan perombakan. Google memperkenalkan tampilan antarmuka baru yang mereka sebut Material You. Antarmuka tersebut merupakan penerus dari Material Design yang diperkenalkan Google sebelumnya.

Kustomisasi merupakan fitur pembeda dari Android 12 dan Material You. Melalui pembaruan ini, Google membuat kustomisasi menjadi semakin mudah dari sebelumnya untuk mengubah segenap aspek dalam smartphone pengguna sesuai selera.

Salah satunya ialah ekstraksi palet warna yang diambil langsung dari wallpaper aktif smartphone pengguna. Dengan demikian, tampilan antarmuka secara keseluruhan akan mengikuti palet warna tersebut sehingga tampilan akan lebih konsisten dibanding sebelumnya.

Tampilan sistem widget yang didesain ulang pada Android 12. Sumber: Google.

Google juga menggunakan pembaruan Android untuk memperkenalkan fitur baru yang berfokus pada privasi. Android 12 membawa perombakan signifikan terhadap privasi di tingkat sistem operasi.

Dasbor khusus untuk privasi akan membantu penggunanya untuk melihat aplikasi mana yang mengakses kamera, mikrofon, atau lokasi Anda dalam 24 jam terakhir. Jadi tidak ada satupun yang terlewatkan oleh Anda. Sebagai contoh, aplikasi PeduliLindungi yang dipasang di smartphone Anda akan muncul di dasbor ini untuk menunjukkan bahwa aplikasi tersebut mengakses fitur lokasi yang ada di smartphone untuk mengetahui keberadaan Anda.

Salah satu fitur lain ialah scrollable screenshot yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dari keseluruhan tampilan mulai dari atas hingga bawah. Fitur ini sebelumnya sudah ada di antarmuka sejumlah vendor smartphone seperti yang bisa ditemukan di MIUI dari Xiaomi. Sebelum Android terbaru ini, fitur tersebut sama sekali tidak tersedia. Kini melalui pembaruan tersebut Google menghadirkan fitur yang dibutuhkan banyak pengguna.

Pembaruan dan penambahan fitur pada Android 12 tentu tidak hanya sampai di situ. Masih banyak lainnya yang perlu Anda ketahui dan coba sendiri. Maka itu, nantikan pembaruan sistem pada smartphone Anda (apabila masih didukung vendor) untuk merasakan Android versi terbaru ini.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.