Google Workspace di Android Bakal Punya Tampilan Lebih Segar

Untuk diketahui, layanan Google Workspace saat awal kemunculannya bernama Google Apps yang kemudian berubah menjadi G Suite.
10 September 2021 10:14 WIB • Bacaan 3 menit
Google Workspace Material You Google Workspace Material You
Ilustrasi: Google Blog

Google telah meluncurkan sistem desain baru untuk aplikasi Google Workspace yang terpasang di perangkat Android. Sistem desain baru penerus Material Design tersebut mereka beri nama dengan Material You.

Google menjelaskan bahwa para pengguna akan menemukan perubahan yang mungkin dapat langsung dirasakan seperti bilah navigasi yang diperbarui, tombol aksi yang ditingkatkan, hingga penggunaan huruf Google Sans untuk keterbacaan yang lebih baik dalam ukuran huruf yang lebih kecil.

Implementasi Material You pada Gmail. Sumber: Google Blog

Perubahan lainnya bisa dilihat bagi para pengguna perangkat Google Pixel dengan Android versi 12 atau nantinya yang lebih baru di mana pengguna akan memiliki opsi untuk mencocokkan warna aplikasi dengan wallpaper perangkat untuk tampilan yang lebih dinamis.

Nantinya Material You juga akan secara otomatis menyesuaikan kontras, ukuran, dan lebar garis berdasarkan pengaturan yang telah ditetapkan pengguna. Skema warna yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pengguna, misalnya warna folder, tidak akan berubah.

Implementasi Material You pada Google Meet. Sumber: Google Blog.

Material You pada Google Workspace tersebut akan meluncur dalam bentuk pembaruan aplikasi secara bertahap (dimulai dari perangkat Pixel dan Android 12) dan dapat dinikmati oleh pengguna layanan Google dengan rincian sebagai berikut:

  1. Gmail, tersedia pada versi 2021.08.24 dan yang lebih baru;
  2. Google Meet, tersedia pada versi 2021.09.19 dan yang lebih baru;
  3. Google Drive, tersedia pada versi 2.21.330 dan yang lebih baru;
  4. Google Docs, tersedia pada versi 1.21.342 dan yang lebih baru; serta
  5. Google Calendar, tersedia pada versi 2021.37 dan yang lebih baru.

Pembaruan tersebut akan tersedia bagi pelanggan Google Workspace (termasuk pelanggan G Suite Basic dan Bisnis), serta pengguna layanan Google personal seperti Gmail pribadi.

Untuk diketahui, layanan Google Workspace saat awal kemunculannya bernama Google Apps yang kemudian berubah menjadi G Suite (kini bertransformasi menjadi Google Workspace). Layanan tersebut merupakan kumpulan aplikasi produktivitas dan kolaborasi yang dikembangkan oleh Google.

Layanan yang termasuk di dalamnya meliputi antara lain Gmail, Google Calendar, Google Drive, Google Docs, Google Meet, Google Chat, dan lainnya.

Harga Google Workspace ialah $4,20 tiap pengguna per bulan untuk paket Business Starter, $9,60 untuk paket Business Standard, dan $18 untuk paket Business Plus. Google juga menyediakan paket khusus Enterprise dengan cara menghubungi tim penjualan Google secara langsung.

Salah satu reseller partner Google Workspace di Indonesia memberikan harga Rp59.000 tiap pengguna per bulan untuk paket Business Starter, Rp139.000 untuk paket Business Standard, Rp245.000 untuk paket Business Plus, dan pilihan paket Enterprise mulai dari Rp278.000.

Sistem desain Material You pada Android 12

Adapun Material You, sebuah sistem desain baru untuk perangkat Android yang dihadirkan Google, merupakan penerus dari sistem Material Design yang saat ini digunakan pada seluruh aplikasi dan layanan Google.

Baca Juga:

Selamat Ulang Tahun Google!

Industri • 27 September 2021 00:00 WIB
Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.