Tips dan Cara Amankan Akun WhatsApp dari Hacker

Cegah terjadinya hal buruk pada Anda dengan amankan akun WhatsApp sekarang juga melalui langkah-langkah berikut ini.
18 September 2021 10:53 WIB • Bacaan 4 menit
Cara amankan akun WhatsApp dari hacker Cara amankan akun WhatsApp dari hacker
Sumber: Pexels/Anton

Sudah banyak kejadian mengenai akun WhatsApp seseorang yang tiba-tiba tidak bisa digunakan. Kemudian akun WhatsApp tersebut diketahui mengirimkan pesan kepada kontak yang ada untuk tujuan-tujuan yang merugikan pihak lain, seperti untuk penipuan. Hal itu terjadi akibat tiadanya upaya untuk mengamankan akun WhatsApp milik Anda sendiri.

Anda tentunya tidak ingin hal serupa itu terjadi pada akun WhatsApp Anda. Nah, untuk mencegah hal itu, berikut ini ialah sejumlah tips dan cara untuk mengamankan akun WhatsApp Anda dari ulah hacker atau pihak yang tidak bertanggung jawab lainnya:

  1. Jangan pernah membagikan kode pendaftaran, kode OTP, atau pin apapun dari WhatsApp kepada orang lain;
  2. Jika Anda menerima email untuk mengatur ulang PIN verifikasi dua langkah atau kode lainnya tetapi Anda merasa tidak pernah memintanya, jangan klik tautan pada email tersebut karena seseorang mungkin tengah berupaya untuk mengakses nomor telepon Anda di WhatsApp;
  3. Aktifkan verifikasi dua langkah (cara bisa lihat di bawah) dan sediakan alamat email untuk mengantisipasi kemungkinan lupa terhadap kode pin Anda sendiri;
  4. Berhati-hati terhadap siapa pun yang memiliki akses secara fisik ke ponsel Anda. Jika seseorang memiliki akses secara fisik ke ponsel Anda, maka orang tersebut dapat menggunakan akun WhatsApp milik Anda tanpa izin;
  5. Berhati-hati dengan fitur lokasi yang ada di WhatsApp. Anda diharapkan untuk hanya membagikan lokasi kepada orang yang Anda percayai.

Wajib Aktifkan Verifikasi Dua Langkah WhatsApp

Verifikasi dua langkah merupakan fitur opsional yang dapat memberikan keamanan tambahan pada akun WhatsApp Anda. Namun, karena pentingnya fitur ini, para pengguna WhatsApp diwajibkan mengaktifkannya untuk mencegah terjadinya pencurian akun WhatsApp Anda.

Fitur tersebut pada dasarnya melindungi akun WhatsApp Anda dengan menggunakan kode PIN. WhatsApp akan secara berkala meminta Anda memasukkan kode PIN tersebut untuk mencegah Anda melupakan kode PIN Anda sendiri. Perlu dicatat bahwa kode PIN tersebut berbeda dengan kode pendaftaran atau kode OTP yang Anda terima melalui SMS atau panggilan telepon.

Fungsi kode PIN pada fitur verifikasi dua langkah tersebut ialah untuk mencegah penyalahgunaan akun WhatsApp Anda apabila dalam kasus terburuk akun Anda berhasil diambil oleh hacker. Meski akun tersebut diambil alih, hacker harus terlebih dahulu memasukkan kode PIN yang sama persis dengan apa yang sudah Anda daftarkan untuk dapat menggunakan akun WhatsApp Anda. Jadi, pastikan bahwa kode PIN verifikasi dua langkah tersebut hanya diketahui oleh Anda sendiri.

Cara mengamankan akun WhatsApp Anda dengan fitur verifikasi dua langkah.

Berikut ini ialah cara untuk mengaktifkan fitur tersebut untuk membantu Anda dalam mengamankan akun WhatsApp:

  1. Buka setelan atau pengaturan WhatsApp;
  2. Ketuk Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan;
  3. Masukkan PIN 6 digit yang Anda inginkan, lalu konfirmasi;
  4. Masukkan alamat email yang dapat Anda akses;
  5. Ketuk Lanjut;
  6. Konfirmasikan alamat email dengan cara memasukkan alamat email yang sama pada langkah keempat, lalu ketuk Simpan atau Selesai.

Anda juga dapat melihat tayangan video sebelumnya apabila kesulitan untuk mengikuti langkah atau cara mengamankan akun WhatsApp di atas.

Apabila fitur verifikasi dua langkah berhasil diaktifkan, maka Anda akan mendapatkan pesan seperti pada gambar di bawah ini. Dari menu tersebut Anda juga dapat mengubah kode PIN dan email Anda yang sudah Anda masukkan sebelumnya.

Apabila di kemudian hari Anda ingin mengganti kode PIN verifikasi dua langkah, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

  1. Buka setelan atau pengaturan WhatsApp;
  2. Ketuk Akun > Verifikasi dua langkah > Ubah PIN (seperti dapat dilihat pada gambar di atas);
  3. Ikuti langkah selanjutnya. Anda akan dituntun untuk memasukkan kode PIN baru dan menyimpannya.

Selain langkah penting di atas untuk mengamankan akun WhatsApp, Anda juga diharapkan untuk melindungi diri Anda sendiri dengan berhati-hati sebelum memutuskan untuk berbagi sesuatu dengan kontak WhatsApp lainnya. Pertimbangkan apakah Anda ingin pengguna lain melihat konten yang Anda kirim.

Ketika Anda membagikan chat, foto, video, file, atau pesan suara dengan pengguna lain di WhatsApp, mereka akan memiliki salinan pesan tersebut. Mereka juga memiliki kemampuan untuk meneruskan atau membagikan pesan tersebut dengan pengguna lain yang bisa jadi bakal merugikan Anda di masa mendatang.

Demikian tips dan cara untuk mengamankan akun WhatsApp Anda dari ulah hacker. Anda juga dapat memastikan apakah ponsel yang Anda gunakan sekarang masih didukung oleh WhatsApp dengan membaca tautan ini.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.