Ini Kriteria HP yang Bisa WhatsApp di 2021

Mulai 1 November 2021 mendatang, WhatsApp tidak akan lagi memberikan dukungan untuk sejumlah perangkat Android yang masih berjalan pada versi 4.0.4 atau di bawahnya.
9 September 2021 08:16 WIB • Bacaan 2 menit 2
HP yang bisa WhatsApp 2021 HP yang bisa WhatsApp 2021
Foto: Unsplash/Christian Wiediger

Mulai 1 November 2021 mendatang, WhatsApp tidak akan lagi memberikan dukungan untuk sejumlah perangkat Android. Perangkat dimaksud ialah yang masih berjalan pada sistem operasi Android versi 4.0.4 dan di bawahnya.

Secara resmi, WhatsApp mendukung perangkat Android dengan persyaratan minimum sistem operasi Android versi 4.1 atau yang lebih baru dan dapat menerima SMS atau panggilan telepon saat proses verifikasi akun. Dengan demikian, WhatsApp tidak memberi dukungan untuk perangkat yang hanya dapat terhubung ke jaringan wifi.

Versi 4.0.4 merupakan versi terakhir dari pembaruan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Google pertama kali merilis Android 4.0 pada 18 Oktober 2011. Bagi pengguna yang masih menggunakan perangkat dengan versi tersebut, Anda harus dapat memperbarui versi Android perangkat tersebut ke setidaknya versi Android 4.1 (Jelly Bean) atau berganti perangkat dengan versi Android terbaru (versi 11).

Sementara untuk pengguna iPhone, WhatsApp hanya dapat berjalan pada iOS versi 10 atau yang lebih baru. WhatsApp menyarankan pengguna iPhone untuk memperbarui perangkat mereka ke versi iOS terbaru untuk dapat menjalankan WhatsApp dengan nyaman.

Hal itu berarti, untuk dapat menjalankan WhatsApp, Anda harus menggunakan iPhone 5 (atau yang lebih baru) mengingat ponsel tersebut merupakan perangkat Apple terlama (diluncurkan pada 2012) yang masih dapat diperbarui ke iOS 10.

Untuk diketahui, versi stabil terbaru iOS saat ini ialah versi 14. Apple tengah menyiapkan iOS 15 yang tampaknya akan diluncurkan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Selain mendukung perangkat Android dan iOS, WhatsApp juga mendukung feature phone dengan sistem operasi KaiOS versi 2.5.1 atau yang lebih baru.

Sebelumnya, WhatsApp juga diberitakan tengah menyiapkan bentuk pengaturan baru yang memungkinkan status “terakhir dilihat” disembunyikan untuk orang tertentu saja. Saat ini status terakhir dilihat tersebut hanya dapat disembunyikan untuk seluruh kontak pengguna.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.