WhatsApp Uji Fitur Pencarian Bisnis, Segera Sambangi Indonesia

Pengguna WhatsApp di India dan Indonesia menjadi kandidat untuk pengujian fitur tersebut.
16 September 2021 15:36 WIB • Bacaan 2 menit
WhatsApp Direktori Bisnis WhatsApp Direktori Bisnis
Tampilan fitur direktori bisnis WhatsApp. Sumber: Twitter/@wcathcart.

Selain menyiapkan fitur-fitur seperti transkripsi voice note dan multi-device, WhatsApp dilaporkan juga tengah menyiapkan sebuah fitur baru yang akan membantu para pelaku usaha dan pelanggan mereka. Fitur tersebut berupa direktori bisnis di dalam aplikasi.

Direktori bisnis dimaksud mencakup restoran, pertokoan, dan layanan publik lainnya yang berada di sekitar lokasi pengguna. Jadi, para pengguna akan lebih mudah untuk menemukan toko, kafe, dan bisnis lain yang berada di sekitar lokasi mereka saat sedang menggunakan aplikasi.

Berdasarkan wawancara Matt Idema, Facebook’s Vice President of Business Messaging, dengan Reuters, uji coba terhadap fitur tersebut tengah dilakukan di Brazil. Tampaknya mereka sedang menjajaki potensi lebih lanjut dari perniagaan yang dilakukan langsung melalui aplikasi.

“Ini bisa menjadi cara utama bagi orang untuk memulai proses perdagangan di WhatsApp,” ujar Matt Idema.

WhatsApp sendiri telah memiliki aplikasi WhatsApp Business yang memungkinkan pelaku usaha untuk membuat katalog produk mereka dalam akun Business tersebut. Para pengguna lain yang kemudian berkomunikasi dengan akun Business itu akan dengan mudah melihat kumpulan produk-produk yang telah dimasukkan sebelumnya ke dalam katalog.

Bisa jadi fitur direktori bisnis lokal yang tengah dikembangkan ini akan menjadi perluasan dari fitur yang ada di WhatsApp Business tersebut.

Selain itu, perwakilan perusahaan di bawah naungan Facebook tersebut juga mengatakan bahwa setelah Brazil, India dan Indonesia kemungkinan besar akan dihampiri uji coba fitur direktori bisnis lokal ini. Idema mengatakan, pengguna aplikasi mereka di India dan Indonesia merupakan kandidat berikutnya yang cocok dengan fitur tersebut.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.