WhatsApp Sedang Uji Coba Fitur Multi-Device untuk Android dan iOS

Adanya fitur WhatsApp multi-device memungkinkan Anda menggunakan WhatsApp di perangkat selain ponsel meski ponsel tersebut sedang tidak aktif seperti, misalnya, ketika kehabisan daya.
16 September 2021 12:29 WIB • Bacaan 4 menit
WhatsApp multi-device WhatsApp multi-device

WhatsApp saat ini tengah mengujicoba fitur multi-device yang memungkinkan perangkat tambahan untuk dapat terkoneksi ke akun WhatsApp Anda tanpa perlu membuat ponsel tetap terhubung. Sebelumnya, akun WhatsApp Anda memang dapat terhubung dengan perangkat lain seperti PC, laptop, atau peramban, namun dengan catatan bahwa ponsel Anda harus tetap aktif untuk dapat menggunakan WhatsApp di perangkat lain tersebut.

Kini, dengan adanya fitur multi-device tersebut, Anda dapat menggunakan WhatsApp di perangkat selain ponsel Anda meski ponsel tersebut sedang tidak aktif seperti, misalnya, ketika kehabisan daya.

Dengan kata lain, fitur tersebut mirip seperti apa yang dimiliki aplikasi pesan instan serupa, Telegram, sejak lama. Namun, WhatsApp masih mewajibkan penggunaan kode QR (QR code) untuk masuk ke akun WhatsApp Anda saat pertama kali mendaftarkan perangkat lain milik Anda. Tidak ada fitur masuk ke akun dengan menggunakan nama atau nomor ponsel seperti Telegram.

Fitur tersebut dapat digunakan di maksimal empat perangkat pendamping sekaligus (selain ponsel). Tapi akun WhatsApp Anda hanya bisa terhubung ke satu ponsel utama pada satu waktu. Apabila akun WhatsApp pada ponsel tidak digunakan selama lebih dari 14 hari, maka akun WhatsApp di perangkat pendamping lainnya secara otomatis akan keluar atau terputus.

Pengujian fitur tersebut saat ini bisa dilakukan pada aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Business versi beta terbaru untuk perangkat Android dan iOS. Selain itu, pengujian fitur tersebut juga dapat dinikmati sejumlah pengguna WhatsApp versi stabil di negara tertentu, termasuk Indonesia, dengan terlebih dahulu bergabung ke dalam kelompok pengujian fitur.

Cara Bergabung untuk Menguji Fitur Multi-Device WhatsApp

Sebelum mengikuti langkah berikut ini, untuk pengalaman terbaik, Anda diharapkan untuk terlebih dahulu memperbarui versi WhatsApp yang terpasang pada perangkat Android atau iOS Anda. Pastikan pula perangkat beserta sistem operasi selular di dalamnya masih didukung oleh WhatsApp.

Android:

  1. Buka WhatsApp > ketuk “More options” atau tombol dengan tiga titik vertikal pada bagian kanan atas;
  2. Ketuk “Linked Devices”;
  3. Ketuk “Multi-device beta”; dan
  4. Ketuk “JOIN BETA”.

iOS:

  1. Buka halaman “Settings” pada WhatsApp;
  2. Ketuk “Linked Devices”;
  3. Ketuk “Multi-device beta”; dan
  4. Ketuk “Join Beta”.
Informasi pengujian WhatsApp multi-device pada perangkat Android.

Setelah bergabung dengan kelompok uji coba fitur baru tersebut, Anda dapat menghubungkan perangkat lain dengan akun WhatsApp Anda seperti yang sudah pernah Anda lakukan sebelumnya. Namun, pastikan untuk terlebih dahulu keluar dari akun WhatsApp Anda di perangkat pendamping lain, untuk kemudian kembali masuk ke akun WhatsApp Anda.

Kini Anda perangkat pendamping Anda telah terhubung dengan akun WhatsApp. WhatsApp di perangkat pendamping seperti peramban, PC, atau laptop tersebut dapat digunakan meski ponsel Anda sedang tidak aktif atau sengaja dimatikan. Silakan dicoba!

Fitur-Fitur yang Belum Didukung WhatsApp pada Perangkat Lain

WhatsApp menjelaskan, fitur-fitur berikut ini masih belum dapat digunakan di perangkat lain yang terhubung melalui fitur multi-device WhatsApp:

  1. Melihat live location di perangkat pendamping;
  2. Menyematkan (pin) chat di WhatsApp Web atau Desktop;
  3. Bergabung, melihat, dan mengatur ulang undangan grup dari WhatsApp Web dan Desktop. Anda harus menggunakan ponsel sebagai gantinya;
  4. Mengirim pesan atau menelepon seseorang yang menggunakan WhatsApp versi lama di ponselnya tidak akan berfungsi dari perangkat Anda yang tertaut;
  5. Menelepon dari Portal (perangkat panggilan video dari Facebook) dan WhatsApp Desktop ke perangkat tertaut yang tidak terdaftar dalam multi-perangkat beta;
  6. Akun WhatsApp lain di Portal (perangkat panggilan video dari Facebook) Anda tidak akan berfungsi kecuali akun tersebut telah bergabung pengujian multi-device; dan
  7. Pengguna WhatsApp Business tidak dapat mengedit nama atau label bisnis mereka dari WhatsApp Web atau Desktop.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.