Xiaomi Hentikan Dukungan Pembaruan untuk 9 Smartphone Ini

Sembilan ponsel Xiaomi tersebut sebelumnya telah memperoleh dukungan pembaruan selama dua tahun sejak perilisannya secara global.
1 Oktober 2021 18:57 WIB • Bacaan 2 menit
Xiaomi Redmi Note 8 MIUI 12.5 Enhanced Edition Xiaomi Redmi Note 8 MIUI 12.5 Enhanced Edition
Redmi Note 8, dirilis di Indonesia pada Oktober 2019, akan turut memperoleh pembaruan MIUI 12.5 Enhanced Edition. Ilustrasi: Xiaomi Indonesia.

Xiaomi akan menghentikan dukungan pembaruan sistem operasi MIUI untuk sejumlah perangkat mulai 27 November 2021 mendatang. Pemberhentian dukungan pembaruan itu berlaku untuk pengembangan beta (development ROM), sedangkan versi stabil dari firmware yang terpasang kemungkinan masih akan diberikan hingga mencapai titik tertentu.

Redmi Note 8, misalnya, yang menjadi salah satu perangkat yang tidak lagi mendapat pembaruan beta tersebut, sebelumnya telah memperoleh pembaruan firmware stabil MIUI 12.5 Enhanced Edition.

Adapun sembilan smartphone yang tidak lagi mendapatkan pengembangan internal tersebut ialah:

  1. Xiaomi Mi 9
  2. Xiaomi Mi 9 Pro 5G
  3. Xiaomi Mi 9 SE
  4. Xiaomi Mi CC9 (Mi 9 Lite)
  5. Xiaomi Mi CC9 Meitu Edition
  6. Redmi K20
  7. Redmi K20 Pro
  8. Redmi Note 8
  9. Redmi Note 8 Pro

Kesembilan perangkat tersebut diketahui dirilis secara global pada pertengahan hingga akhir 2019 lalu. Itu berarti sejumlah ponsel tersebut telah memperoleh dukungan pembaruan selama dua tahun.

Meski tidak lagi memperoleh dukungan pembaruan beta, para Mi Fans pengguna sembilan perangkat itu masih dapat tetap menggunakan ponsel mereka.

Untuk diketahui, perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun tersebut baru-baru ini meningkatkan durasi dukungan pembaruan untuk ponsel terbaru mereka, Xiaomi 11T dan 11T Pro. Perangkat tersebut akan hadir dengan dukungan pembaruan untuk 3 generasi sistem Android ditambah dengan pembaruan keamanan selama 4 tahun.

Perlu digarisbawahi, mereka memberi catatan bahwa ketersediaan pembaruan dan peningkatan fitur sistem operasi Android dapat bervariasi dari satu perangkat ke perangkat lain. Selain itu perbedaan wilayah dan pasar perangkat juga dapat menentukan ketersediaan pembaruan. Ketersediaan pembaruan itu juga akan bergantung pada berbagai faktor termasuk, namun tidak terbatas pada, kompleksitas pembaruan, peraturan lokal, dan faktor lainnya.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.