Backup WhatsApp Kini Terenkripsi End-to-End

Selama lima tahun terakhir, WhatsApp telah mengenkripsi end-to-end setiap pesan secara default, tapi tidak demikian dengan backup WhatsApp.
15 Oktober 2021 10:47 WIB • Bacaan 2 menit
Backup WhatsApp Enkripsi End-to-End Backup WhatsApp Enkripsi End-to-End
Sumber: Facebook.

WhatsApp telah menambahkan fitur enkripsi end-to-end ke berkas cadangan atau backup WhatsApp yang disimpan di dalam cloud. Selama lima tahun terakhir, WhatsApp telah mengenkripsi end-to-end setiap pesan secara default. Namun, sebelum ini, backup chat WhatsApp yang tersimpan di Google Drive atau iCloud tidak terenkripsi.

Banyak pengguna WhatsApp yang menginginkan agar backup chat mereka juga terenkripsi. Oleh karena itu, WhatsApp kini telah memungkinkan hal tersebut.

Pengguna WhatsApp kini dapat mengamankan backup WhatsApp dengan enkripsi end-to-end dengan kata sandi pilihan atau kunci enkripsi 64 digit yang hanya diketahui penggunanya. Baik WhatsApp maupun penyedia layanan cadangan Anda (Google Drive atau iCloud) tidak akan dapat membaca backup Anda atau mengakses kunci yang diperlukan untuk membukanya.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, aplikasi WhatsApp Anda harus terlebih dahulu diperbarui ke versi 2.21.21.5 (Android) atau 2.21.200.14 (iOS). Saat tulisan ini dipublikasikan, versi WhatsApp tersebut tampaknya masih berada pada WhatsApp versi Beta. Silakan lakukan pengecekan secara berkala mengenai versi terbaru WhatsApp yang tersedia pada Google Play atau AppStore.

Cara Mengamankan Backup WhatsApp dengan Enkripsi End-to-End

Tak seperti pesan WhatsApp, fitur enkripsi end-to-end pada backup WhatsApp tidak diaktifkan secara default. Pengguna harus mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkannya:

  1. Buka “Settings”
  2. Ketuk “Chats” > “Chat Backup” > “End-to-end Encrypted Backup”.
  3. Ketuk “Continue”, lalu ikuti petunjuk untuk membuat kata sandi atau kunci.
  4. Ketuk “Done” dan tunggu selagi WhatsApp menyiapkan backup Anda yang terenkripsi secara end-to-end.

Mohon dicatat bahwa Anda tidak akan dapat memulihkan backup WhatsApp jika Anda kehilangan chat WhatsApp dan lupa kata sandi atau kunci Anda. WhatsApp tidak dapat membantu menyetel ulang kata sandi atau memulihkan backup.

Cara Menonaktifkan Enkripsi End-to-End untuk Backup WhatsApp

Ikuti langkah berikut ini untuk menonaktifkan fitur backup WhatsApp:

  1. Buka “Settings”
  2. Ketuk “Chats” > “Chat Backup” > “End-to-end Encrypted Backup”.
  3. Ketuk “Turn Off”
  4. Masukkan kata sandi Anda
  5. Konfirmasikan bahwa Anda ingin menonaktifkan backup terenkripsi dengan mengetuk tombol “Turn Off”

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.