Pasokan Chip Tersendat, Realme 9 Baru Hadir di 2022

Realme 9 bukan satu-satunya perangkat ponsel yang terkendala, sejumlah perangkat lain seperti Samsung Galaxy S21 FE dilaporkan ikut tertunda.
13 September 2021 16:45 WIB • Bacaan 2 menit
realme 8i pendahulu realme 9 realme 8i pendahulu realme 9
Realme 8i yang telah diperkenalkan di India pada 9 September 2021 dan diperkirakan akan segera meluncur di Indonesia. Ilustrasi: Realme India.

Beberapa waktu lalu realme baru saja meluncurkan beberapa perangkat untuk seri realme 8 seperti realme 8i dan realme 8s 5G. Realme bahkan sudah menginformasikan bahwa mereka tengah mempersiapkan seri penerus realme 8.

Dalam satu tahun, realme memang biasa mengeluarkan dua generasi perangkatnya sekaligus. Misalnya realme 1 dan 2 pada tahun 2018, realme 3 dan 5 pada 2019, serta realme 6 dan 7 pada tahun 2020.

Realme 8s 5G diperkenalkan pada 9 September 2021 di India. Sumber: Twitter/@realmeIndia

Namun, realme 9 (penerus realme 8) tampaknya tak bisa dihadirkan pada tahun ini. CEO Realme India dan Eropa, Madhav Sheth, menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah mengalami kekurangan pasokan chipset yang membuat perusahaan mesti menunda peluncuran realme 9.

“Kami telah menyelesaikan ini melalui diskusi yang erat dengan pembuat chipset dan seri realme 9 baru akan datang ke pengguna pada tahun 2022,” ujarnya kepada GSMArena.

Realme bukanlah satu-satunya vendor yang mengalami kekurangan pasokan chipset. Vendor-vendor global lain seperti Samsung dengan Galaxy S21 FE, Reliance (JioPhone Next), dan sebagainya juga ikut mengalaminya.

Secara global, selain tersendatnya pasokan chipset, pada tahun 2022 mendatang harga gawai atau gadget diperkirakan juga akan mengalami kenaikan. Sebab, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), perusahaan semikonduktor terbesar di dunia, mengumumkan akan menaikkan harga jual untuk chip fabrikasi mereka hingga sebesar 20 persen mulai awal 2022.

TSMC bersama dengan dua perusahaan Taiwan lainnya, UMC dan Powerchip, menyumbang lebih dari 60 persen pasar chip dunia. Dengan demikian, kenaikan harga produksi TSMC sudah pasti akan memengaruhi pengiriman dan harga jual perangkat secara global.

Baca Juga:

Realme 8s 5G Resmi Meluncur di India

Gawai • 9 September 2021 15:53 WIB

Realme Sudah Siapkan Penerus Seri 8

Gawai • 5 September 2021 15:37 WIB
Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.