Ini Spesifikasi Realme 8i yang Segera Hadir di Indonesia

Realme 8i diluncurkan terlebih dahulu di India dengan mengusung MediaTek Helio G96 sebagai dapur pacu.
9 September 2021 16:39 WIB • Bacaan 4 menit
realme 8i realme 8i
Sumber: Twitter/@realmeIndia

Selain meluncurkan model realme 8s 5G, realme India juga meluncurkan model lainnya dalam seri 8, yakni realme 8i. Bocoran mengenai perangkat tersebut sebelumnya juga telah beredar bersamaan dengan model 8s.

Di seri 8i ini, realme membenamkan MediaTek Helio G96 sebagai dapur pacu. Mereka mengklaim, melalui produk terbaru ini, realme dan MediaTek berkolaborasi untuk mengoptimalisasi sistem selama 106 hari pengerjaan. Dengan itu, kinerja realme 8i disebut meningkat 65 persen dibanding pendahulunya, realme 7i.

Ponsel tersebut hadir dalam balutan warna Space Black yang didefinisikan realme sebagai warna hitam bercampur lima persen cokelat. Selain itu, realme 8i juga tersedia dalam warna Space Purple.

Dalam presentasi peluncuran, realme membandingkan pendahulunya, realme 7i dengan Snapdragon 662, dan realme 8i dengan Helio G96. Menurut penelitian mereka, performa yang ditawarkan realme 8i jauh melampaui pendahulunya tersebut. Indikatornya terletak pada skor AnTuTu di mana realme 8i mencatatkan skor 350.391 dengan pendahulunya di angka 212.437.

Sumber: Twitter/@realmeIndia

Untuk pengalaman penggunaan yang lancar, realme 8i dibekali dengan RAM sebesar 6 GB yang dapat diperluas dengan RAM virtual sebesar 5 GB. Dengan demikian, ponsel tersebut dapat berjalan dengan RAM 11 GB yang menjamin aplikasi dapat terbuka dan berjalan dengan cepat. Realme menamakan fitur tersebut dengan “Dynamic RAM”.

Helio G96 yang dibenamkan di realme 8i merupakan satu-satunya (untuk saat ini) seri G9x MediaTek yang mampu mendukung tampilan layar dengan tingkat refresh 120 Hz. Oleh karena itu, realme turut menghadirkan layar dengan tingkat refresh tersebut di produknya kali ini. Realme mengklaim bahwa produknya tersebut menjadi satu-satunya ponsel dengan layar 120 Hz di rentang harga yang ditawarkan.

Tingkat refresh yang tinggi tentu membutuhkan daya yang besar. Maka itu, realme menyediakan enam tingkat refresh yang berbeda yang akan secara otomatis berganti sesuai dengan penggunaan. Keenamnya ialah mode Movie dengan 48 Hz, Static dengan 30 Hz, TV Play dengan 50 Hz, Game dengan 60 Hz/90 Hz, dan Information Stream dengan 90 Hz/120 Hz.

Sumber: Twitter/@realmeIndia

Realme 8i tampaknya memang mengunggulkan tampilan layar mereka. Di samping tingkat refresh yang tinggi, realme juga membekali layarnya dengan tingkat kecerahan maksimal sebesar 600 nit yang dapat diturunkan menjadi hingga 1 nit sehingga mata pengguna dapat tetap terasa nyaman di malam hari.

Ponsel tersebut akan ditenagai oleh baterai sebesar 5.000 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat 18 W. Dengan baterai sebesar itu dan optimasi yang dilakukan realme, perangkat tersebut diperkirakan dapat bertahan dalam mode standby selama 28 hari, 47 jam panggilan telepon, 40 jam mendengarkan audio, 11 jam menonton video, dan 8 jam bermain game.

Sumber: Twitter/@realmeIndia

Dari sisi kamera, realme membekali produk terbarunya itu dengan tiga kamera dengan kamera utama beresolusi 50 megapiksel yang dilengkapi dengan kamera hitam-putih dan ultra-makro.

Di India, ponsel tersebut dibanderol dengan harga sebesar ₹13.999 untuk paket dengan RAM dan ruang penyimpanan sebesar 4 GB + 64 GB serta ₹15.999 untuk paket penjualan 6 GB + 128 GB. Apabila dirupiahkan dengan kurs saat ini, harga realme 8i berkisar antara Rp2,7 juta hingga Rp3,1 juta.

Realme 8i ini kemungkinan besar juga akan segera hadir di Indonesia. Perangkat dengan nomor model RMX3151 tersebut diketahui telah memperoleh sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 31,53 persen sejak 25 Juni 2021 lalu.

Selain itu, perangkat tersebut juga telah memperoleh sertifikasi Postel Kominfo sejak 2 Agustus 2021 dengan pemohon PT Bright Mobile Telecommunication selaku perusahaan perakit komponen untuk realme di Indonesia.

Baca Juga:

Realme 8s 5G Resmi Meluncur di India

Gawai • 9 September 2021 15:53 WIB

Realme Sudah Siapkan Penerus Seri 8

Gawai • 5 September 2021 15:37 WIB
Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.