Iklan dari Beberapa Aplikasi One UI Tak Lagi Muncul

Per tanggal 1 Oktober 2021, Samsung tidak lagi menayangkan iklan di aplikasi One UI Samsung Pay, Weather, dan Health.
2 Oktober 2021 09:54 WIB • Bacaan 3 menit
Samsung One UI Iklan Samsung One UI Iklan
Ilustrasi: Wikimedia/Vasya101010

Samsung dilaporkan telah menghentikan penayangan banner iklan di beberapa aplikasi bawaan One UI smartphone mereka. Selama bertahun-tahun sebelumnya, Samsung memang membanjiri aplikasi bawaan dengan tampilan iklan yang biasanya mempromosikan produk-produk mereka sendiri.

Melansir 9to5Google, per 1 Oktober 2021, Samsung berhenti menayangkan iklan pada aplikasi One UI Samsung Pay, Weather, dan Health. Pengguna di forum komunitas Samsung menemukan bahwa dirinya tak lagi menemukan tayangan iklan yang biasanya muncul di aplikasi-aplikasi tersebut.

Seorang karyawan Samsung juga mengonfirmasi temuan tersebut bahwa mulai tanggal itu mereka berhenti menayangkan iklan untuk aplikasi One UI yang telah disebut sebelumnya.

“Ini adalah Samsung Health Manager. Harap dicatat bahwa banner iklan di bagian atas aplikasi Samsung Health tidak akan ditayangkan mulai 1 Oktober,” demikian pernyataan pihak Samsung dalam forum komunitas mereka.

Praktik menampilkan iklan di sejumlah aplikasi bawaan vendor smartphone tampaknya menjadi tren dalam beberapa waktu belakangan. Selain Samsung, vendor seperti Xiaomi dan OPPO juga melakukan praktik tersebut.

Samsung sendiri sebenarnya menjanjikan untuk menghapus tayangan iklan dari aplikasi bawaan ponsel mereka untuk pengguna di Korea Selatan. Namun, tampaknya pengguna lain di sejumlah negara juga ikut merasakan perubahan itu.

Para pengguna smartphone sering mengeluhkan iklan yang muncul di aplikasi bawaan, terlebih di ponsel premium. Sebab, pengguna beranggapan bahwa mereka membayar smartphone yang mereka gunakan dan tidak seharusnya iklan ditampilkan kepada mereka, setidaknya untuk aplikasi-aplikasi bawaan vendor. Selain itu, tayangan iklan juga sering kali menyebabkan performa aplikasi menjadi sedikit terganggu karena kecepatan menjalankan aplikasi yang dirasa menjadi lambat.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.