Apple Kuasai Lebih dari 50 Persen Pangsa Pasar Ponsel Premium

Apple adalah vendor terbesar untuk segmen premium di seluruh wilayah penjualan.
15 September 2021 13:14 WIB • Bacaan 3 menit
Apple Store Hong Kong Apple Store Hong Kong
Ilustrasi: Unsplash/Alexandr Bormotin

Penjualan ponsel pintar premium (di atas $400) mencatat pertumbuhan sebesar 46 persen year-on-year pada kuartal kedua 2021 ini di mana Apple dilaporkan menguasai penjualan di seluruh wilayah. Counterpoint menyebut bahwa pertumbuhan di segmen premium melampaui pertumbuhan pasar secara keseluruhan yang sebesar 26 persen.

Di saat yang sama, pangsa pasar segmen premium dalam penjualan ponsel pintar global meningkat menjadi 24 persen pada kuartal kedua 2021 bila dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 21 persen.

Pangsa pasar ponsel pintar premium Q2 2020 dan Q2 2021. Sumber: Counterpoint.

Apple disebut terus memimpin segmen pasar tersebut dengan penguasaan pasar lebih dari setengah penjualan. Sejak peluncuran iPhone 12 pada kuartal keempat 2020, Apple terus menguasai lebih dari 50 persen pangsa pasar ponsel pintar premium. Menguntit di bawahnya ialah Samsung dan Huawei.

Pertumbuhan penjualan Apple disinyalir didorong dengan produk iPhone 12 yang memiliki kemampuan terhubung ke jaringan 5G. Saat ini, sejumlah negara memang gencar membangun infrastruktur 5G.

Selain itu, rantai pasokan Apple dinilai sangat tangguh dalam mengelola kekurangan komponen seperti yang dialami banyak vendor global. Kemajuan Apple ini juga didukung oleh penurunan kinerja Huawei di kawasan Cina dan Eropa.

Berdasarkan data yang dirilis Counterpoint, Apple adalah vendor terbesar untuk segmen premium di seluruh wilayah penjualan.

Apple kuasai penjualan ponsel pintar premium di seluruh wilayah. Sumber: Counterpoint.

Di segmen premium sendiri, semua kelompok harga mengalami pertumbuhan dengan pertumbuhan tertinggi, yakni 182 persen, dicatat pada kelompok harga ultrapremium (di atas $800). iPhone 12 Pro Max dan iPhone 12 Pro mengambil peran dalam pertumbuhan tersebut. Versi Pro dari iPhone 12 tersebut diluncurkan lebih lambat dari biasanya yang menyebabkan permintaan terus meluas ke bulan-bulan berikutnya. Di kelompok ultrapremium, Apple dilaporkan menjaring hampir 75 persen pasar, dibandingkan dengan 54 persen di tahun lalu.

Terkait dengan 5G, penetrasi keseluruhan dari penawaran teknologi 5G yang disematkan dalam segmen premium mencapai 84 persen pada kuartal kedua 2021, dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama yang hanya sebesar 35 persen. Bahkan, pada kisaran harga $600 ke atas, sebanyak 95 persen perangkat yang ditawarkan mampu terhubung ke jaringan 5G. iPhone 12 lagi-lagi dilaporkan berkontribusi besar terhadap peningkatan penjualan perangkat 5G di segmen tersebut.

Penetrasi perangkat 4G dan 5G pada segmen premium. Sumber: Counterpoint.

Apple sendiri baru saja mengumumkan seri terbaru iPhone mereka, iPhone 13, yang menawarkan sejumlah peningkatan berarti dari pendahulunya. Penjualan yang sangat stabil dari seri iPhone di pasar Amerika Serikat diperkirakan akan terus berlanjut pada generasi terbaru itu.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.