iPhone 13 Hadir dengan Membawa Peningkatan di Berbagai Lini

Apple mengeluarkan empat model baru untuk iPhone, yakni iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.
15 September 2021 12:43 WIB • Bacaan 5 menit
iPhone 13 iPhone 13
Sumber: Apple

Apple resmi mengumumkan iPhone 13 sebagai perangkat generasi terbaru mereka pada Selasa, 14 September 2021. Kali ini, Apple mengeluarkan empat model baru untuk iPhone, yakni iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Ponsel yang disebut merevolusi perkembangan smartphone dunia tersebut akan menjalankan sistem operasi iOS 15 dan sejumlah peningkatan. Peningkatan tersebut antara lain, baterai yang lebih besar, ruang penyimpanan yang juga lebih besar, prosesor A15 Bionic baru, takik atau notch yang lebih kecil, hingga peningkatan pada sisi kamera.

Untuk kali pertama, iPhone menyediakan opsi kapasitas ruang penyimpanan sebesar 1 TB. Namun, kapasitas tersebut hanya ada di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

iPhone seri terbaru ini hadir dengan peningkatan dari sisi kapasitas baterai. Apple menyebut, iPhone 13 dan 13 Pro Max menawarkan daya tahan baterai 2,5 jam lebih lama dari generasi sebelumnya. Sementara pada iPhone 13 Mini dan 13 Pro, daya tahan baterainya diklaim 1,5 jam lebih lama.

Sumber: Apple

Ketahanan baterai tersebut terwujud berkat kemampuan yang juga meningkat dari iOS 15, chip A15 Bionic baru, dan tampilan yang disempurnakan. Dari sisi prosesor, chip A15 Bionic baru itu terdiri atas 6 inti di mana 2 inti berjalan dengan mode kinerja tinggi, sementara 4 lainnya akan berjalan dengan mode efisiensi yang memungkinkan pengaturan daya yang lebih rendah.

Selain baterai, perubahan terhadap sistem kamera juga dilakukan Apple pada iPhone terbaru mereka. Keempat model iPhone membawa kamera utama dengan resolusi 12 MP. Namun, Apple memperbarui sistem kamera mereka yang dapat dilihat dari orientasi diagonal dari dua kamera belakang. Apple menyebut bahwa sistem kamera di generasi ini merupakan yang paling canggih dari semua generasi iPhone.

Sumber: Apple

Kamera ultra wide baru yang dipasangkan Apple diklaim dapat merekam lebih banyak detail di area gelap foto dengan sensor yang lebih cepat. Kamera wide mereka juga dapat menangkap 47 persen lebih banyak cahaya untuk foto dan video yang lebih baik. Selain itu, sistem stabilisasi gambar baru juga dihadirkan untuk membuat bidikan tetap stabil.

Satu hal yang menarik perhatian ialah mode sinematik baru yang bisa membuat rekaman video menjadi layaknya film. Saat menggunakan mode ini, kamera dapat mengunci subjek untuk menjaganya tetap fokus, baik saat diam maupun bergerak. Mode tersebut juga mampu mengalihkan fokus dari satu subjek ke subjek lain yang akan memberi penekanan kepada penonton mengenai subjek utama.

Sementara untuk iPhone 13 Pro dan Pro Max, Apple memberikan tiga kamera belakang dengan tambahan kamera telephoto dibanding model di bawahnya. Sistem tiga kamera tersebut menjanjikan kemampuan untuk merekam detail yang lebih banyak dan dilengkapi perangkat lunak cerdas untuk menghadirkan pengalaman baru terkait pembuatan foto dan film.

Sumber: Apple

iPhone di seri Pro dan Pro Max juga menyediakan alur kerja pro end-to-end yang memungkinkan Anda untuk merekam video dan mengeditnya dalam kompresi ProRes yang rendah. Sekarang, Anda dapat merekam video sepenuhnya dari iPhone dan mengeditnya dengan Final Cut Pro di mac Anda.

Inilah alasan mengapa Apple menghadirkan pilihan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 1 TB untuk dua model teratas itu. Namun, dukungan terhadap ProRes tersebut baru akan hadir melalui pembaruan sistem yang direncanakan akan meluncur pada akhir tahun ini.

Keempat model iPhone terbaru memiliki ukuran layar yang sama dengan generasi sebelumnya. iPhone 13 Mini hadir dengan layar 5,4 inci, 13 dan 13 Pro memiliki layar 6,1 inci, dan 13 Pro Max memiliki layar seluas 6,7 inci.

Model 13 Pro juga memperoleh peningkatan dari tingkat refresh yang lebih tinggi di layar OLED mereka, yakni ProMotion 120 Hz, seperti yang sudah banyak dihadirkan vendor ponsel Android dalam produk mereka. Tingkat refresh yang tinggi bakal membuat animasi dan pengguliran terlihat lebih mulus. Sebelum ini, perangkat Apple yang sudah mendapatkan layar dengan tingkat refresh yang tinggi seperti itu hanyalah iPad Pro dengan layar LCD.

Sumber: Apple

Di Amerika Serikat, seri iPhone 13 akan ditawarkan dengan harga mulai dari $729 hingga yang tertinggi $1.599. Berikut ini ialah rincian harga dari setiap model iPhone pada tahun ini:

  1. iPhone 13 Mini
    • Penyimpanan 128 GB: $729
    • Penyimpanan 256 GB: $829
    • Penyimpanan 512 GB: $1.029
  2. iPhone 13
    • Penyimpanan 128 GB: $829
    • Penyimpanan 256 GB: $929
    • Penyimpanan 512 GB: $1.129
  3. iPhone 13 Pro
    • Penyimpanan 128 GB: $999
    • Penyimpanan 256 GB: $1.099
    • Penyimpanan 512 GB: $1.299
    • Penyimpanan 1 TB: $1.499
  4. iPhone 13 Pro Max
    • Penyimpanan 128 GB: $1.099
    • Penyimpanan 256 GB: $1.199
    • Penyimpanan 512 GB: $1.399
    • Penyimpanan 1 TB: $1.599

iPhone 13 dan 13 Mini tersedia dalam pilihan warna Red, Starlight, Midnight, Blue, dan Pink. Sementara iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max hadir dalam pilihan warna Graphite, Gold, Silver, dan Sierra Blue.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.