Catat! iPadOS dan iOS 15 Akan Hadir pada 20 September

iPad dan iOS 15 akan datang dengan fitur-fitur baru yang membantu penggunanya lebih terhubung dengan orang lain.
15 September 2021 05:58 WIB • Bacaan 4 menit
apple ios apple ios
Ilustrasi: Apple

Sistem operasi selular terbaru milik Apple, iPadOS dan iOS 15, akan segera tersedia untuk publik pada 20 September 2021 mendatang.

Sistem operasi yang digunakan perangkat iPhone dan iPad tersebut akan datang dengan fitur-fitur baru yang membantu penggunanya lebih terhubung dengan orang lain dan melakukan lebih banyak hal dengan perangkat Apple daripada sebelumnya.

Di versi iOS 15 ini, Apple memperkenalkan SharePlay, sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk menonton dan mendengarkan bersama, serta berbagi layar langsung di dalam aplikasi FaceTime.

Sumber: Apple

SharePlay akan bekerja layaknya fitur Picture-in-Picture (PiP) yang sudah ada pada sejumlah aplikasi dan peramban. Bayangkan saat Anda tengah menonton tayangan video atau sedang menikmati alunan musik dalam playlist Anda, kemudian terdapat panggilan FaceTime. Fitur ini membuat penggunanya dapat melakukan dua hal tersebut secara sekaligus dalam satu layar.

Selain itu, SharePlay juga dapat berbagi layar perangkat dengan semua orang yang berada di panggilan FaceTime, persis seperti fitur share screen pada aplikasi Zoom. Pada iPadOS dan iOS15 ini, Apple memang menjejali FaceTime dengan sejumlah kemampuan yang mirip dengan aplikasi Zoom itu. Pengguna Android dan Windows juga bakal dapat bergabung dengan panggilan FaceTime melalui peramban Chrome atau Edge.

Dalam pembaruan ini, Apple menyegarkan tampilan layar notifikasi yang didesain ulang, termasuk foto kontak dan ikon aplikasi yang lebih besar agar mudah dikenali. Apple pada iOS 15 juga menyediakan ringkasan notifikasi yang diurutkan berdasarkan prioritas.

Sumber: Apple

Dari sisi navigasi, Apple memperbarui aplikasi peta mereka yang kini dapat memberikan detail baru dan menawarkan lebih banyak cara untuk menjelajahi lokasi dalam peta. Sejumlah landmark kini tampil dalam bentuk tiga dimensi. Kemudian, sedikit meniru Google Maps, Apple Maps kini juga memperlihatkan detail jalan seperti penyeberangan, jalur sepeda, hingga mengetahui adanya insiden lalu lintas di suatu jalan.

Sumber: Apple

Sementara itu, Apple diketahui juga membuat Safari untuk perangkatnya memiliki tab pada bagian bawah. Posisi tersebut akan lebih memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat dan peramban mereka dengan satu tangan secara cepat. Pengguna dapat menggeser ke kiri atau kanan untuk berpindah antara tab yang satu dengan yang lain. Anda juga dapat melakukan pengelompokan pada tab-tab di Safari dan menyimpannya sehingga seluruh perangkat Apple Anda akan memiliki akses terhadap pengelompokan tab tersebut.

Sumber: Apple

Selain sejumlah peningkatan di atas, Apple masih menghadirkan sejumlah fitur lain yang bisa dinikmati pengguna mulai 20 September 2021 mendatang. Saat ini, iOS 15 tersedia dalam versi beta. Kami menyarankan Anda untuk tetap menunggu hingga versi publik benar-benar dirilis oleh Apple.

Adapun perangkat Apple yang akan mendapat pembaruan untuk iOS 15 ialah sebagai berikut:

  1. iPhone 13
  2. iPhone 13 Mini
  3. iPhone 13 Pro
  4. iPhone 13 Pro Max
  5. iPhone 12
  6. iPhone 12 Mini
  7. iPhone 12 Pro
  8. iPhone 12 Pro Max
  9. iPhone 11
  10. iPhone 11 Pro
  11. iPhone 11 Pro Max
  12. iPhone XS
  13. iPhone XS Max
  14. iPhone XR
  15. iPhone X
  16. iPhone 8
  17. iPhone 8 Plus
  18. iPhone 7
  19. iPhone 7 Plus
  20. iPhone 6S
  21. iPhone 6S Plus
  22. iPhone SE (generasi pertama dan kedua)
  23. iPod Touch (generasi ketujuh)

Untuk diketahui, sebelum meluncurkan iPadOS dan iOS 15 ini, Apple juga memperbarui sistem operasi selular versi ke-14 mereka. Pembaruan tersebut dimaksudkan untuk perbaikan celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh spyware Pegasus sehingga Anda sangat disarankan untuk mengaplikasikan pembaruan tersebut.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.