MediaTek Dimensity 2000 Akan Digunakan Banyak Smartphone Flagship

MediaTek Dimensity 2000 akan bersaing ketat dengan sesama chipset flagship yang akan datang, Qualcomm Snapdragon 898.
15 Oktober 2021 13:22 WIB • Bacaan 2 menit
MediaTek Dimensity 2000 MediaTek Dimensity 2000
Ilustrasi: MediaTek

Qualcomm diperkirakan akan merilis chipset flagship terbaru, Qualcomm Snapdragon 898, dalam beberapa waktu mendatang. Namun, mereka tidak akan melenggang sendirian. MediaTek juga akan segera memperkenalkan chipset flagship terbaru mereka dengan nama MediaTek Dimensity 2000.

Sejumlah vendor smartphone dikabarkan tengah menguji chipset terbaru MediaTek tersebut. Spesifikasi unggulan dari MediaTek Dimensity 2000 antara lain dukungan terhadap pengisian daya cepat 100 W hingga dukungan layar dengan resolusi 2K.

Melihat bocoran spesifikasi yang beredar beberapa waktu sebelumnya, tahun depan kemungkinan besar akan ada banyak smartphone kelas atas yang ditenagai prosesor MediaTek itu. Ini akan mematahkan dominasi Qualcomm Snapdragon di pasar smartphone kelas atas.

Arsitektur ARM v9 yang akan digunakan pada MediaTek Dimensity 2000. Ilustrasi: GSMArena.

MediaTek Dimensity 2000 akan diproduksi dengan proses fabrikasi 4 nm dan disebut akan dibangun dengan arsitektur ARM v9 yang membawa 1 inti utama Cortex-X2, 3 inti Cortex-A710, dan 4 inti Cortex-A510.

Prosesor tersebut kabarnya akan memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan Qualcomm Snapdragon 898 yang akan datang dengan keunggulan performa mencapai 20 hingga 25 persen.

MediaTek Dimensity 700 yang merupakan salah satu prosesor 5G untuk segmen menengah ke bawah. Sumber: MediaTek.

MediaTek baru-baru ini memang berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 43 persen sekaligus mengungguli Qualcomm untuk kali pertama pada kuartal kedua 2021. Namun, penguasaan pangsa pasar tersebut didorong oleh chipset MediaTek untuk segmen kelas menengah ke bawah yang mampu terhubung ke jaringan 5G.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.