Vaksin Pfizer Dapat Rekomendasi untuk Penggunaan di Kalangan Anak Usia 5-11 Tahun

FDA hanya perlu menandatangani rekomendasi tersebut untuk mengeluarkan otorisasi penggunaan darurat vaksin Pfizer bagi anak dalam rentang usia itu.
27 Oktober 2021 08:58 WIB • Bacaan 2 menit
Vaksin Pfizer anak 5-11 tahun Vaksin Pfizer anak 5-11 tahun

Komite independen untuk Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah memberikan dukungan bagi otorisasi vaksin Covid-19 yang diproduksi Pfizer-BioNTech untuk digunakan pada anak-anak usia 5 hingga 11 tahun.

Dukungan dari komite independen tersebut menjadikan penggunaan vaksin Pfizer di kalangan anak tersebut satu langkah lebih dekat. Selanjutnya, FDA hanya perlu menandatangani rekomendasi dari komite independen tersebut untuk mengeluarkan otorisasi penggunaan darurat bagi anak dalam rentang usia itu.

Sebelumnya, Pfizer telah merilis data yang menunjukkan bahwa sepertiga dosis vaksin Pfizer untuk orang dewasa atau sebanyak 10 mikrogram akan menghasilkan tingkat antibodi pada anak-anak usia 5 hingga 11 tahun. Efek samping yang terpantau selama masa pengujian meliputi kelelahan, sakit kepala, dan demam seperti yang biasa terlihat pada penggunaan orang dewasa.

Uji coba dilakukan dengan melibatkan lebih dari 2.200 anak dengan hasil 91 persen efektif dalam mencegah penyakit simptomatik atau konfirmasi positif Covid-19 dengan gejala. Uji coba juga menunjukkan bahwa vaksin Pfizer tersebut efektif melawan varian delta yang sangat menular.

FDA sendiri dalam tinjauan internalnya menerangkan bahwa manfaat vaksin Covid-19 ini akan jauh lebih besar daripada risiko yang dapat ditimbulkannya. Vaksinasi juga ditujukan untuk menyudahi pandemi virus korona.

Di Amerika Serikat, melansir Ars Technica, anak-anak menyumbang 10,6 persen dari seluruh kasus penularan Covid-19 pada awal bulan Oktober. Pemindaian antibodi bahkan menunjukkan bahwa sekitar 42 persen anak-anak dalam rentang usia 5 hingga 11 tahun sebenarnya telah terinfeksi Covid-19.

Sementara di Indonesia, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperkirakan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk anak dalam rentang usia tersebut akan dimulai awal tahun 2022 mendatang. Kepastian waktu pelaksanaan tersebut masih harus menunggu hasil uji klinis yang lebih lengkap.

Kementerian Kesehatan bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) saat ini tengah mempertimbangkan penggunaan tiga vaksin Covid-19 untuk anak usia 5 hingga 11 tahun. Ketiganya ialah, vaksin Pfizer, Sinovac, dan Sinopharm.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.