Twitter Mulai Uji Coba Fitur “Tweet Reactions” ala Facebook

Fitur Tweet Reactions bertujuan memberi pengguna Twitter cara alternatif untuk mengekspresikan diri dan lebih terlibat dengan cuitan pengguna lain.
10 September 2021 20:00 WIB • Bacaan 3 menit
Twitter Reactions Twitter Reactions
Ilustrasi: Twitter/@jtwdesign

Twitter kini tengah menguji fitur terbaru mereka yang berupa emoji reaksi dengan kemiripan seperti fitur yang ada di Facebook. Fitur tersebut bertujuan untuk memberi pengguna Twitter cara alternatif untuk mengekspresikan diri dan lebih terlibat dengan cuitan pengguna lain.

“Hari ini kami mulai menguji Tweet Reactions di Turki! Kami ingin membantu orang-orang mengekspresikan diri mereka dengan cepat dalam percakapan di Twitter, ketika tombol like yang sederhana tidak lagi mampu mengekspresikan diri,” tulis salah seorang anggota tim desain Twitter dalam cuitannya yang diunggah pada Kamis malam, 10 September 2021.

Cara berinteraksi pada cuitan seseorang melalui Twitter Reactions. Ilustrasi: Twitter/@jtwdesign.

Sebenarnya fitur serupa Tweet Reactions tersebut sudah dikembangkan sejak lama dan pernah terungkap pada pertengahan 2020 lalu. Laporan lain menyebut bahwa fitur tersebut pernah diuji pada tahun 2015 silam.

Untuk mengembangkan fitur Tweet Reactions ini, mereka terlebih dahulu melakukan serangkaian penelitian untuk memahami reaksi dan gaya yang umum digunakan para pengguna sekaligus dapat dipahami secara lintas budaya. Dalam set awal emoji reaksi yang telah terungkap, terdapat emoji berpikir, menangis, tertawa, bertepuk tangan, dan hati. Namun, tampaknya tidak ada emoji yang menunjukkan jempol ke arah bawah untuk menyatakan ketidaksukaan seseorang pada suatu cuitan.

Cuitan dengan emoji reaksi yang didapatkan. Ilustrasi: Twitter/@jtwdesign.

Belum ada pengumuman lebih lanjut mengenai kapan dan di mana pengujian Tweet Reactions ini akan berlanjut sebelum nantinya benar-benar akan diterapkan pada versi publik Twitter.

Sebelumnya, Twitter juga dikabarkan tengah berupaya meningkatkan bagaimana penggunanya melihat cuitan dan segala bentuk media dalam lini masa Twitter mereka. Sebagai langkah awal, Twitter akan menguji pembaruan tampilan untuk foto, video, dan cuitan yang tampil di lini masa.

Melalui perubahan tersebut, nantinya pengguna Twitter tidak lagi melihat ruang yang terbuang di sisi kiri cuitan. Sebab, teks cuitan pengguna yang disertai media dalam bentuk foto atau video akan memenuhi layar mulai dari ujung kiri ke kanan persis seperti apa yang dapat ditemui di Instagram.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.