Samsung Pertahankan Pangsa Pasar Global Q2 2021, Xiaomi Mengejar

Meski menguasai pangsa pasar, Samsung mengalami penurunan pengiriman sebesar 25 persen quarter-on-quarter menjadi 57,6 juta unit pada kuartal kedua 2021.
22 September 2021 11:22 WIB • Bacaan 3 menit
Pangsa pasar vendor smartphone gobal Pangsa pasar vendor smartphone gobal
Pangsa pasar pengiriman smartphone secara global. Sumber: Counterpoint.

Samsung dilaporkan mempertahankan posisi teratas sebagai OEM atau vendor ponsel terbesar di dunia pada kuartal kedua 2021 dengan pangsa pasar 18 persen. Meski demikian, Samsung mengalami penurunan pengiriman sebesar 25 persen quarter-on-quarter menjadi 57,6 juta unit pada kuartal kedua 2021.

Dalam laporan yang diterbitkan Counterpoint, Xiaomi disebut mengirimkan lebih dari 52 juta ponsel pintar pada kuartal kedua 2021 dan menjadi vendor smartphone terbesar kedua di dunia, di bawah Samsung, untuk kali pertama bagi mereka dengan pangsa pasar sebesar 16 persen. Dalam laporan terpisah, Xiaomi juga mencatatkan rekor pendapatan pada periode ini.

Sementara Apple berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 15 persen dan pengiriman global yang turun 18 persen quarter-on-quarter menjadi 48,9 juta unit pada kuartal kedua 2021. Namun, Apple masih dapat mencatatkan rekor pengiriman pada kuartal kedua ini dengan permintaan terhadap seri iPhone 12.

Berturut-turut di bawah ketiga vendor di atas ialah OPPO dengan pangsa pasar 10 persen, Vivo 10 persen, dan realme 5 persen. Menariknya, apabila pangsa pasar untuk ketiga vendor tersebut digabungkan maka akan jauh melebihi Samsung. Untuk diketahui, OPPO, Vivo, dan realme merupakan tiga perusahaan yang berada dalam satu naungan perusahaan induk BBK Electronics Corporation.

Counterpoint mengungkap, secara tahunan terjadi pertumbuhan pengiriman unit smartphone secara global sebesar 17 persen. Namun, secara quarter-on-quarter, terjadi penurunan sebesar 9 persen.

Pangsa pasar pengiriman vendor smartphone secara regional. Sumber: Counterpoint.

Sementara untuk wilayah yang lebih spesifik, Xiaomi dilaporkan menempati peringkat pertama dengan pangsa pasar sebesar 19 persen di Asia. Diikuti oleh Vivo dengan 18 persen, OPPO 16 persen, Apple 11 persen, dan Samsung 10 persen.

Di Amerika Utara, Apple menjadi penguasa pasar dengan penguasaan sebesar 53 persen. Di bawahnya ialah Samsung dengan 26 persen, diikuti Motorola 11 persen, LG 3 persen, dan OnePlus 2 persen.

Di Eropa, Xiaomi dan Samsung berbagi posisi teratas dengan penguasaan pasar masing-masing sebesar 27 persen. Menyusul di bawahnya ada Apple dengan 21 persen, OPPO 6 persen, dan OnePlus 3 persen.

Untuk Amerika Lain, Samsung menjadi yang pertama dengan pangsa pasar sebesar 37 persen, diikuti Motorola 22 persen, Xiaomi 11 persen, ZTE 4 persen, dan Apple 4 persen.

Adapun untuk wilayah Timur Tengah dan Afrika, Samsung lagi-lagi menempati posisi teratas dengan pangsa pasar 20 persen. Menguntit di bawahnya ialah Tecno dengan 13 persen, itel 11 persen, Xiaomi 11 persen, dan Infinix 8 persen.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.