AMD Bersiap Masuki Pasar Chipset Smartphone

AMD diperkirakan akan memilih jalur kerja sama dengan vendor chipset selular yang telah ada.
25 September 2021 12:23 WIB • Bacaan 3 menit
AMD AMD
Kantor AMD di Kanada. Foto: Wikimedia/Raysonho.

Produsen prosesor PC, AMD, belakangan ini tengah menikmati masa jayanya dengan lini produk Ryzen yang banyak pihak menyebut mampu menjungkalkan prosesor buatan Intel. Namun, tampaknya mereka masih belum puas dengan capaian itu. Rumor menyebut bahwa mereka akan mulai memasuki pasar chipset smartphone.

AMD memang belum memiliki kiprah langsung di pasar tersebut. Terakhir kali industri mereka bersinggungan dengan pasar smartphone ialah saat AMD (melalui ATI yang kini telah diakuisisi) turut berkontribusi dalam pengembangan GPU Adreno di dalam perusahaan Qualcomm.

Kala itu, tepatnya sebelum tahun 2006, teknologi GPU dalam prosesor selular belum dipandang penting. Tampilan 3D pada saat itu juga biasanya dijalankan melalui aplikasi itu sendiri yang menyebabkan performanya tidak maksimal.

Seiring waktu, muncul kebutuhan pasar terhadap teknologi GPU yang biasa terdapat pada PC untuk prosesor selular. Qualcomm melihat peluang tersebut dan sebenarnya telah berusaha mengembangkan teknologi GPU mereka sendiri saat itu. Namun, pada akhirnya mereka bekerja sama dengan perusahaan ATI untuk mengembangkan GPU pada smartphone.

Kerja sama tersebut berbuah GPU Adreno yang kini kita kenal. Ada yang tahu asal kata Adreno? Adreno tidak lain adalah anagram dari Radeon (merek teknologi GPU AMD pada PC) yang menunjukkan campur tangan mereka pada GPU seluler tersebut. Hingga pada tahun 2009 Qualcomm mengakuisisi tim Adreno sepenuhnya.

HTC Hero, salah satu ponsel yang di dalamnya terdapat hasil kolaborasi pertama Qualcomm dan AMD, GPU Adreno 130. Foto: Wikimedia/Marius Røstad.

Kembali ke AMD, melansir Mydrivers, perusahaan tersebut kabarnya akan mengadopsi sistem kerja sama dibandingkan dengan terjun sendiri untuk memproduksi chipset smartphone. Sekilas langkah ini mengingatkan pada Qualcomm yang juga memilih kerja sama dengan ATI untuk mengembangkan GPU-nya saat itu. Jika kabar yang tersiar itu benar adanya, bisa jadi ini adalah langkah permulaan mereka untuk menjejakkan kakinya di pasar prosesor smartphone.

Pertanyaannya, siapa yang bakal diajak kerja sama? Rumor yang tersiar menyebut bahwa partner tersebut ialah MediaTek. Jika kerja sama itu terwujud, kemungkinan besar AMD akan berperan besar di sisi grafis chipset, sementara MediaTek akan terus melanjutkan perannya di sisi prosesor dan chip 4G atau 5G.

Kerja sama serupa itu sebenarnya telah dilakoni AMD dengan Samsung. Pada Juni 2019 lalu, Samsung mengumumkan kemitraan strategis keduanya. Kerja sama tersebut bertujuan untuk menghadirkan grafis Radeon berkinerja tinggi ke prosesor seluler. Kabarnya, produk Exynos 2200 mendatang akan menggunakan GPU hasil kerja sama keduanya.

Samsung saat mengonfirmasi kerja sama dengan AMD untuk hadirkan GPU berkualitas tinggi pada prosesor seluler. Foto: Neowin.

Apapun itu, sepertinya akan sangat menarik melihat perkembangan industri smartphone ke depannya lewat campur tangan produsen prosesor PC ini. Kemungkinan besar MediaTek dapat mengambil manfaat dari kerja sama ini sebagaimana layaknya Qualcomm yang dahulu juga memulai pengembangan Adreno bersama ATI/AMD.

Baca Juga:

Bocoran Baru Samsung Exynos 2200

Gawai • 15 September 2021 20:10 WIB
Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *