MediaTek Umumkan Kompanio 900T untuk Perangkat Tablet dan Notebook

Kompanio 900T dibangun di atas proses fabrikasi 6 nm dengan 8 inti ARM Cortex.
10 September 2021 13:45 WIB • Bacaan 2 menit
MediaTek Kompanio 900T MediaTek Kompanio 900T
Sumber: Mediatek

MediaTek pada Kamis, 9 September 2021, mengumumkan kehadiran chipset terbaru mereka, Kompanio 900T, yang dikhususkan untuk perangkat tablet, notebook portabel, dan perangkat sejenis lainnya. Platform Kompanio dari MediaTek itu menggabungkan kemampuan komputasi yang kuat dan konsumsi daya yang sangat rendah.

“Kompanio 900 menghadirkan daya komputasi yang tangguh, fitur multimedia audio dan video yang luar biasa, kemampuan bermain game yang lancar, dan dukungan untuk fitur 5G dan nirkabel terbaru sehingga pengguna dapat memaksimalkan perangkat mereka,” ujar Zeng Baoqing, General Manager of MediaTek’s Intelligent Multimedia Division, sebagaimana dikutip dari siaran pers mereka.

MediaTek menjelaskan, Kompanio 900T dibangun di atas proses fabrikasi 6 nm dengan 8 inti prosesor di mana 2 inti ARM Cortex-A78 akan berjalan untuk mendukung kinerja utama sementara 6 inti ARM Cortex-A55 akan berjalan dalam mode hemat daya. Kompanio 900T juga akan dibekali dengan GPU ARM Mali-G68 dan prosesor AI khusus.

Lebih jauh, prosesor baru tersebut juga dapat mendukung layar dengan tingkat refresh 120 Hz yang belakangan ini jamak ditemui pada ponsel-ponsel baru dari sejumlah vendor, mendukung resolusi 2k, dan memberikan kinerja cepat untuk aplikasi.

Selain itu, mulai meningkatnya penetrasi jaringan 5G di belahan dunia menjadikan MediaTek turut menghadirkan dukungan untuk terhubung ke dalam jaringan tersebut. Dari sisi konektivitas nirkabel, chipset Kompanio 900T juga sudah mendukung iterasi terbaru dari jaringan wifi (versi 6) dengan konfigurasi dua antena transmisi dan penerima (2×2 MIMO).

MediaTek mengatakan bahwa perangkat dari sejumlah vendor yang menggunakan Kompanio 900T akan segera hadir dalam beberapa waktu mendatang.

Untuk diketahui, MediaTek merupakan salah satu pemimpin pasar untuk pengembangan system-on-chip (SoC) yang produknya banyak digunakan berbagai vendor perangkat tablet, ponsel, komputer, dan lainnya. Pada lini bisnis prosesor ponsel pintar, MediaTek dilaporkan meraih peringkat teratas dalam pengiriman unit prosesor ponsel pintar mereka secara keseluruhan pada kuartal kedua 2021 ini.

Dengan pangsa pasar sebesar 43 persen yang merupakan rekor terbaru untuk MediaTek, mereka mengungguli Qualcomm yang pada periode yang sama tahun lalu masih bertengger di posisi pertama.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.