Xiaomi Resmi Umumkan Xiaomi Smart Glasses sebagai Produk Terbaru Mereka

Xiaomi Smart Glasses diklaim Xiaomi sebagai kacamata cerdas dengan bentuk dan dimensi yang hampir menyerupai kacamata biasa.
14 September 2021 11:12 WIB • Bacaan 4 menit
Xiaomi Smart Glasses Xiaomi Smart Glasses
Tampilan perangkat Xiaomi Smart Glasses. Sumber: Xiaomi.

Xiaomi dalam pernyataannya pada Selasa, 14 September 2021, mengumumkan produk konsep kacamata pintar pertama mereka yang bernama Xiaomi Smart Glasses. Xiaomi menyebut bahwa produk konsep mereka mampu menggabungkan sistem pencitraan dan sensor ke dalam desain kacamata biasa melalui teknologi gelombang optik MicroLED.

MicroLED disebut memiliki kerapatan piksel yang lebih tinggi, masa pakai yang lebih lama, struktur yang lebih sederhana, dan kecerahan yang lebih tinggi daripada OLED. Adopsi teknologi pencitraan MicroLED tersebut juga disebut Xiaomi untuk mengurangi ruang desain yang dibutuhkan dalam desain struktural serta mengejar bobot yang ringan untuk keseluruhan perangkat.

Layaknya layar sekunder untuk ponsel cerdas, Xiaomi Smart Glasses dapat menampilkan pesan dan notifikasi, melakukan panggilan telepon, menampilkan sistem navigasi, mengambil foto, dan menerjemahkan teks tepat di depan mata penggunanya.

Untuk mewujudkan hal itu, Xiaomi Smart Glasses menggunakan chip layar berukuran 2,4 mm x 2,02 mm yang apabila dilihat di bawah mikroskop ukuran chip tersebut dapat disamakan dengan halnya sebutir beras.

Chip layar Xiaomi Smart Glasses seukuran beras. Sumber: Xiaomi.

Kemudian, agar memungkinkan cahaya yang cukup, termasuk sinar matahari langsung, untuk melewati struktur optik kacamata sebelum mencapai mata penggunanya, Xiaomi memilih solusi tampilan monokrom dengan tingkat kecerahan maksimal mencapai 2 juta nits.

Tampilan sistem navigasi monokrom pada Xiaomi Smart Glasses. Sumber: Xiaomi.

Xiaomi menjelaskan, teknologi mereka hanya membutuhkan satu lensa, dibanding produk sejenis dari kompetitor dengan lensa berganda. Oleh karena itu, produk kacamata pintar mereka dapat menyerupai bentuk dan dimensi kacamata biasa.

Bukan Hanya Tampilan Sekunder untuk Ponsel

Meski demikian, Xiaomi menegaskan bahwa produk kacamata pintar, yang saat ini masih dalam bentuk konsep, mereka bukan hanya dapat bertindak sebagai tampilan sekunder untuk ponsel yang dibawa penggunanya. Sebab, Xiaomi Smart Glasses diklaim mengintegrasikan 497 komponen di dalamnya, termasuk modul untuk berkomunikasi.

Rekaan komponen penyusun Xiaomi Smart Glasses. Sumber: Xiaomi.

Dengan demikian, Xiaomi Smart Glasses dapat menjadi perangkat baru yang independen dari perangkat lainnya. Xiaomi juga membekali perangkatnya itu dengan XiaoAI, asisten AI, untuk menengahi interaksi antara pengguna dengan kacamata pintar mereka. Melalui sistem AI tersebut, kacamata pintar Xiaomi dapat menampilkan informasi terpenting pada saat dibutuhkan.

Peran XiaoAI akan tampak saat kacamata pintar menerima notifikasi di depan mata penggunanya yang berasal dari ponsel. Tentunya, tidak semua notifikasi dapat tampil di hadapan mata pengguna. Sistem AI lah yang nantinya akan memberikan prioritas notifikasi agar pengguna Xiaomi Smart Glasses tidak terganggu dengan notifikasi yang seharusnya tidak mereka baca secara langsung.

Tak hanya itu, Xiaomi Smart Glasses juga dibekali kamera 5 MP di bagian depan kacamata. Melalui kamera itu, pengguna dapat mengambil foto hingga menerjemahkan teks dalam foto. Lampu indikator di sebelah kamera akan menyala saat kamera sedang digunakan.

Xiaomi juga menyematkan mikrofon internal dengan algoritma penerjemahan sehingga produknya bisa mengubah audio menjadi teks terjemahan secara real time.

Nantinya, Xiaomi Smart Glasses akan ditenagai oleh prosesor ARM dengan empat inti, baterai, panel sentuh, modul Wifi dan Bluetooth, sistem operasi Android, dan komponen pendukung lainnya dengan berat keseluruhan perangkat hanya mencapai 51 gram.

Dalam pengumuman tersebut, tidak ada informasi lebih lanjut mengenai apakah produk konsep tersebut akan benar-benar diwujudkan serta waktu ketersediaan atau penjualan dari perangkat terbaru Xiaomi itu.

Baca Juga:

Sudah Ditunggu! Xiaomi Pad 5 Resmi Hadir

Gawai • 15 September 2021 23:12 WIB
Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *