Pembaruan MIUI 12.5 Enhanced Edition di POCO F3 Sebabkan Random Reboot

Mematikan fitur kecerahan otomatis dan/atau MIUI Memory Extension di MIUI 12.5 Enhanced Edition pada POCO F3 dilaporkan dapat mengatasi sementara masalah ini.
7 September 2021 08:50 WIB • Bacaan 2 menit
POCO F3 MIUI 12.5 Enhanced Edition POCO F3 MIUI 12.5 Enhanced Edition
POCO F3. Sumber: POCO Global.

Sejumlah pengguna POCO F3 yang telah menerima pembaruan MIUI 12.5 Enhanced Edition dengan nomor versi V12.5.3.0.RKHMIXM mengeluhkan adanya gangguan random reboot. POCO F3 sendiri menjadi salah satu perangkat terkini Xiaomi yang menerima pembaruan tersebut.

Gangguan reboot tersebut disebabkan oleh malfungsi pada bagian “framework”. Meski demikian, belum diketahui bagian framework mana yang memicu terjadinya gangguan tersebut.

Beberapa pengguna melaporkan, mematikan fitur kecerahan otomatis dan/atau MIUI Memory Extension dapat mengatasi sementara masalah ini.

Perlu dicatat bahwa tidak semua pengguna POCO F3 global yang terpengaruh oleh masalah ini. Meski demikian, pengguna yang belum mengaplikasikan pembaruan tersebut disarankan untuk menunggu pembaruan selanjutnya dari Xiaomi dan POCO.

Saat ini, pembaruan dengan nomor versi V12.5.3.0.RKHMIXM hanya tersedia bagi pengguna POCO F3 yang menjalankan firmware global. Dengan kata lain, perangkat yang beredar resmi di Indonesia masih belum menerima pembaruan tersebut.

Update:

Peningkatan di MIUI 12.5 Enhanced Edition

Pada awal Agustus lalu, Xiaomi memperkenalkan MIUI 12.5 Enhanced Edition yang merupakan versi penyempurnaan untuk MIUI 12.5. Saat itu Xiaomi mengatakan bahwa versi terbaru ini akan melakukan optimasi secara menyeluruh bagi sistem MIUI.

Dengan kata lain, versi ini tidak menghadirkan fitur baru, melainkan menghadirkan sejumlah optimasi yang Xiaomi jabarkan dengan Liquid Storage, Atomic Memory, dan Focused Algorithms.

Berikut ini ialah sejumlah peningkatan dan perbaikan yang dibawa MIUI 12.5 Enhanced Edition yang juga teraplikasi dalam pembaruan untuk POCO F3 di atas:

  1. Performa lebih cepat dan daya tahan yang lebih lama;
  2. Algoritma baru yang secara dinamis akan mengalokasikan sumber daya sistem (Focused Algorithms);
  3. Mekanisme manajemen memori yang akan membuat penggunaan RAM lebih efisien (Atomic Memory);
  4. Mekanisme penyimpanan baru yang akan membuat sistem tetap responsif seiring berjalannya waktu (Liquid Storage);
  5. Perbaikan (Lock Screen): Penggunaan fitur face unlock dan fingerprint unlock secara bersamaan menyebabkan crash dalam beberapa kasus;
  6. Perbaikan (Status Bar): Animasi aplikasi Cleaner tidak ditampilkan dengan benar.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *