Bocoran Baru Samsung Exynos 2200

Samsung Exynos 2200 yang kabarnya turut menghadirkan GPU selular dari AMD itu dilaporkan akan menjalani debut pada Samsung Galaxy S22.
15 September 2021 20:10 WIB • Bacaan 2 menit
Samsung Exynos 2200 AMD Samsung Exynos 2200 AMD
Sumber: GSMArena

Beberapa hari lalu sebuah perangkat yang diduga ditenagai oleh chipset Samsung Exynos 2200 muncul dalam basis data GeekBench. Chipset yang kabarnya turut menghadirkan GPU selular dari AMD itu dilaporkan akan menjalani debut pada Samsung Galaxy S22.

Kali ini, seorang tipster, @UniverseIce, melalui akun Twitter-nya memastikan detail Samsung Exynos 2200 yang akan menggunakan konfigurasi tri-cluster sebanyak delapan inti. Inti tunggal berkinerja tinggi akan diserahkan pada Cortex-X2 yang berjalan pada clock 2,9 GHz.

Sementara untuk dua cluster lainnya, Ice Universe mengatakan akan terdapat 3 inti dengan kecepatan 2,8 GHz dan 4 inti yang berjalan pada kecepatan 2,2 GHz. Adapun untuk GPU, sebagaimana yang diduga sebelumnya, akan diperkuat oleh GPU selular dari AMD yang berjalan pada clock 1.250 MHz.

Pada bocoran yang diungkap GeekBench sebelumnya, konfigurasi chipset tersebut juga mengadopsi tri-cluster, hanya saja masing-masing inti di dalamnya berjalan pada kecepatan yang lebih rendah dari klaim bocoran terbaru kali ini.

Menurut Ice Universe, spesifikasi Samsung Exynos 2200 yang ia ungkap tersebut memang akan tersedia eksklusif untuk Galaxy S22 Ultra. Dengan demikian, seri Galaxy S22 di bawah model tersebut kemungkinan akan ditenagai oleh Samsung Exynos 2200 pada kecepatan yang lebih rendah sebagaimana informasi dari GeekBench sebelumnya.

Untuk diketahui, pada Juni 2019 lalu, Samsung mengumumkan kemitraan strategis dengan AMD. Kerja sama tersebut bertujuan untuk menghadirkan grafis Radeon berkinerja tinggi ke prosesor seluler.

Kemitraan tersebut tampaknya akan dapat terlihat wujudnya pada tahun 2022 mendatang melalui chipset Exynos 2200 AMD dengan lini Galaxy seri S terbaru yang pertama menggunakannya.

Baca Juga:

Bocoran Terbaru Samsung Galaxy S22 Plus 5G

Gawai • 25 September 2021 14:42 WIB
Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.