Windows 11 Resmi Meluncur, Tersedia Gratis untuk PC Windows 10 yang Memenuhi Syarat

Windows 11 hadir dengan membawa sejumlah perubahan. Mulai dari Start Menu dan Taskbar yang baru, skema audio, font, hingga ikon yang kini tampil lebih segar.
5 Oktober 2021 09:41 WIB • Bacaan 3 menit
Windows 11 Windows 11
Tampilan antarmuka Windows 11. Sumber: Microsoft.

Microsoft mengumumkan ketersediaan Windows 11 yang dimulai pada 5 Oktober 2021. Windows 11 akan hadir sebagai pembaruan gratis bagi PC atau laptop yang memenuhi syarat dan telah terpasang Windows 10. Sejumlah perangkat baru yang terpasang Windows terbaru juga mulai dapat dibeli.

ASUS, HP, dan Lenovo merupakan beberapa vendor PC yang telah mengumumkan perangkat terbaru mereka dengan Windows 11 di dalamnya. Selain mereka, ada juga Acer, Dell, Samsung, dan lainnya yang dikabarkan akan segera menghadirkan perangkat Windows terbaru itu.

Windows 11 hadir dengan membawa sejumlah perubahan. Mulai dari Start Menu dan Taskbar yang baru, skema audio, font, hingga ikon yang kini tampil lebih segar.

Tampilan baru start menu dan taskbar di Windows 11. Sumber: Microsoft.

Sama halnya dengan iOS dan Android yang mendesain ulang sistem widget mereka, Windows terbaru ini juga membawa pembaruan widget yang nantinya akan memberi penggunanya kemudahan untuk memperoleh informasi yang ingin didapatkan.

Tampilan widget di Windows 11. Sumber: Microsoft.

Bagi Anda pengguna perangkat sentuh berbasis Windows, versi terbaru ini diklaim dapat meningkatkan pengalaman sentuhan saat penggunanya menggunakan tablet tanpa keyboard. Pengguna akan melihat lebih banyak ruang di antara ikon di Taskbar, menambahkan target sentuh yang lebih besar, dan isyarat visual yang halus untuk mempermudah pengubahan ukuran dan pemindahan jendela, serta menambahkan gerakan.

Windows 11 juga hadir dengan fitur pengetikan lewat suara. Sekarang, dengan fitur itu, PC Anda akan mengenali apa yang Anda katakan, bahkan secara otomatis menandai kalimat untuk Anda.

Kabarnya, versi terbaru Windows tersebut nantinya juga akan mampu menjalankan aplikasi Android melalui aplikasi Windows Subsystem for Android.

“Mulai akhir tahun ini orang akan dapat menemukan aplikasi Android di Microsoft Store dan mengunduhnya melalui Amazon Appstore. Coba bayangkan, merekam dan memposting video dari TikTok atau menggunakan Khan Academy Kids untuk pembelajaran virtual langsung dari PC Anda. Kami akan berbagi lebih banyak tentang pengalaman ini dalam beberapa bulan mendatang,” demikian pernyataan Microsoft.

Bagi Anda yang memiliki perangkat dengan Windows 10, Anda dapat memperoleh pembaruan ke Windows 11 secara gratis dengan memenuhi sejumlah persyaratan. Perangkat Anda harus menjalankan Windows 10 versi 2004 atau yang lebih baru. Selain itu, perangkat Anda juga harus memenuhi spesifikasi seperti yang tertuang pada tautan ini. Pembaruan gratis tersedia melalui Pembaruan Windows di Pengaturan > Pembaruan dan Keamanan.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.