Fitur Transkripsi Voice Note WhatsApp Tengah Dikembangkan untuk iOS

Fitur tersebut akan menggunakan layanan Apple untuk membantu transkripsi voice note WhatsApp secara otomatis.
13 September 2021 08:22 WIB • Bacaan 3 menit
Transkripsi voice note WhatsApp Transkripsi voice note WhatsApp
Ilustrasi: WABetaInfo

Aplikasi pesan instan WhatsApp dilaporkan tengah mengembangkan fitur baru yang agaknya bakal berguna untuk pengguna yang sering menerima voice note atau pesan suara di WhatsApp. Fitur baru tersebut dikabarkan akan menghadirkan kemampuan transkripsi voice note secara otomatis.

Sumber: WABetaInfo

WABetaInfo, yang mengungkap rumor pengembangan tersebut, mengklaim bahwa voice note WhatsApp tersebut tidak akan dikirim ke peladen (server) WhatsApp atau Facebook untuk dapat menghasilkan transkripsi. Namun, pesan suara WhatsApp tersebut akan dikirimkan kepada Apple yang selanjutnya akan memproses suara atau audio menjadi transkripsi teks.

Dengan kata lain, WhatsApp akan menggunakan layanan Apple untuk membantu mereka mentranskripsikan suara secara otomatis. Karena menggunakan layanan Apple, maka wajar apabila fitur ini dilaporkan tengah dikembangkan untuk WhatsApp yang berjalan di iOS.

Fitur transkripsi voice note WhatsApp secara otomatis ini bersifat opsional, artinya Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya. Apabila Anda mengaktifkan fitur tersebut, aplikasi akan meminta persetujuan khusus untuk dapat mengirimkan pesan suara WhatsApp ke layanan Apple.

Sumber: WABetaInfo

Nantinya, saat pesan ditranskripsi untuk kali pertama, teks hasil transkripsi akan disimpan di basis data WhatsApp yang ada di dalam internal ponsel Anda sehingga saat Anda ingin melihat kembali transkripsi tersebut WhatsApp akan menyediakannya secara cepat.

Meski demikian, untuk saat ini, belum ada kabar apakah fitur tersebut nantinya juga akan tersedia untuk WhatsApp di perangkat Android. Namun, Google sendiri diketahui memiliki layanan speech to text dan transkripsi instan sehingga ada kemungkinan bahwa fitur transkripsi pesan suara WhatsApp tersebut juga akan hadir di perangkat Android apabila nantinya diperkenalkan.

Namun, apabila fitur transkripsi voice note WhatsApp ini benar-benar akan tersedia dalam versi publik, maka akan terdapat kemungkinan pengembangan fitur lainnya yang dirasa bakal berguna untuk banyak pengguna. Misalnya fitur penerjemahan secara otomatis dari hasil transkripsi voice note WhatsApp tersebut.

Sebelumnya, WhatsApp juga dilaporkan tengah menyiapkan bentuk pengaturan baru yang memungkinkan status terakhir dilihat atau last seen Anda dihilangkan untuk orang tertentu saja. Untuk saat ini, status terakhir dilihat tersebut hanya dapat disembunyikan untuk semua kontak secara keseluruhan apabila Anda mengaktifkan opsi itu.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.