Waspada! Ada Situs PeduliLindungi Palsu yang Bisa Curi Data Pribadi

Kementerian Kominfo telah menutup akses kepada situs PeduliLindungi palsu tersebut.
9 September 2021 19:21 WIB • Bacaan 3 menit
Situs PeduliLindungi Situs PeduliLindungi
Situs asli dan resmi PeduliLindungi beralamat di https://pedulilindungi.id

Sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab mencoba untuk memanfaatkan fitur situs dan aplikasi PeduliLindungi yang membutuhkan data pribadi pengguna untuk mengunduh sertifikat vaksinasi. Baru-baru ini beredar situs PeduliLindungi palsu dengan tampilan yang amat mirip sehingga dikhawatirkan mengecoh masyarakat.

Situs yang beralamat di pedulilindungia.com tersebut apabila dikunjungi oleh masyarakat bisa saja membuat para pengunjungnya memanfaatkan fitur cek sertifikat vaksinasi yang ada di situs palsu itu. Dengan kata lain, data-data pribadi seperti nama lengkap, nomor KTP, dan lainnya dapat tersebar ke pemilik situs palsu.

Berdasarkan pemeriksaan digita.id, domain untuk situs palsu tersebut telah didaftarkan pada 27 Agustus 2021 lalu sehingga ada kemungkinan data-data pribadi masyarakat yang terkecoh telah tersebar.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri telah menutup akses kepada situs tersebut. Saat ini, apabila tautan di atas dikunjungi, maka pengunjung tidak lagi akan terhubung ke situs palsu tersebut.

Melalui siaran pers yang diunggah pada Kamis, 9 September 2021, di situs resmi Kementerian Kominfo, Dedy Permadi selaku Juru Bicara Kementerian Kominfo menegaskan bahwa seluruh isi dan informasi dalam situs palsu tersebut tidak terkait dengan situs resmi yang beralamat di https://pedulilindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya pemerintah dalam menangani Covid-19 di Tanah Air.

“Kementerian Kominfo telah memutus akses terhadap situs pedulilindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kementerian Kominfo meminta masyarakat untuk selalu waspada terhadap segala disinformasi dan aplikasi apa pun yang mengatasnamakan PeduliLindungi. Masyarakat juga diharapkan untuk hanya mengakses situs resmi yang beralamat di pedulilindungi.id dan mengunduh aplikasi resmi hanya melalui Google Play atau Apple App Store.

Siaran pers Kementerian Kominfo terkait situs palsu PeduliLindungi.

Beberapa waktu belakangan, aplikasi PeduliLindungi memang sempat menghebohkan warga saat beredar di lini masa Twitter sertifikat vaksinasi milik Presiden Joko Widodo. Sertifikat tersebut, menurut pakar keamanan, memang sertifikat asli yang diperoleh dari situs PeduliLindungi.

Pengamat media sosial yang juga pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, saat itu menyebut bahwa aplikasi PeduliLindungi memang sudah lama memungkinkan orang lain untuk mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19 seseorang apabila mengetahui nama lengkap dan NIK yang dibutuhkan.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.