Raksasa layanan streaming musik, Spotify, mengumumkan bahwa platform podcast mereka telah melampaui layanan Apple Podcasts di Amerika Serikat dari sisi penggunaan. Klaim tersebut didasarkan pada data perhitungan internal perusahaan dan Edison Research. Melansir TechCrunch, hal tersebut sebenarnya telah diprediksi sejak September lalu oleh eMarketer.
Meski demikian, Spotify tidak merinci jumlah pendengar layanan podcast mereka. Pihak perusahaan hanya menyebut bahwa pengguna aktif bulanan mereka tumbuh 19 persen year-on-year sehingga menjadi 381 juta, naik dari 365 juta pada periode yang sama di tahun lalu. Pelanggan layanan premium mereka juga tumbuh 19 persen hingga menjadi 172 juta, naik dari 165 juta di tahun lalu.
eMarketer menyebut bahwa Spotify dan Apple Podcasts bersaing ketat dalam hal pendengar podcast di Amerika Serikat. Perusahaan analisis tersebut memperkirakan bahwa Spotify akan mencapai 28,2 juta pendengar podcast di AS secara bulanan pada akhir tahun. Sementara Apple Podcasts akan mendulang 28 juta pendengar.
“Kami memulai perjalanan kami tiga tahun lalu di podcasting dengan katalog sekitar 185.000 podcast. Saat itu kami benar-benar bukan apa-apa dibandingkan dengan pemain terbesar di industri ini. Hari ini, kami memiliki 3,2 juta podcast di platform dengan tingkat pertumbuhan lebih dari 1.500 persen,” kata CEO Spotify Daniel Ek.
Tampaknya capaian perusahaan yang diluncurkan sejak 2008 tersebut tak lepas dari perubahan pada aplikasi Podcasts milik Apple yang dikritik oleh pengguna. Sejumlah podcaster mengeluhkan bug terus menerus yang mengganggu pengalaman pengguna dan antarmuka aplikasi tersebut yang dinilai membingungkan.