Spotify Salip Apple sebagai Platform Podcast Teratas di AS

Capaian Spotify tersebut tampaknya tak lepas dari perubahan pada aplikasi Podcasts milik Apple yang dikritik oleh pengguna.
28 Oktober 2021 09:49 WIB • Bacaan 2 menit
Spotify Apple Podcast Spotify Apple Podcast
Ilustrasi: Unsplash/Heidi Fin

Raksasa layanan streaming musik, Spotify, mengumumkan bahwa platform podcast mereka telah melampaui layanan Apple Podcasts di Amerika Serikat dari sisi penggunaan. Klaim tersebut didasarkan pada data perhitungan internal perusahaan dan Edison Research. Melansir TechCrunch, hal tersebut sebenarnya telah diprediksi sejak September lalu oleh eMarketer.

Meski demikian, Spotify tidak merinci jumlah pendengar layanan podcast mereka. Pihak perusahaan hanya menyebut bahwa pengguna aktif bulanan mereka tumbuh 19 persen year-on-year sehingga menjadi 381 juta, naik dari 365 juta pada periode yang sama di tahun lalu. Pelanggan layanan premium mereka juga tumbuh 19 persen hingga menjadi 172 juta, naik dari 165 juta di tahun lalu.

eMarketer menyebut bahwa Spotify dan Apple Podcasts bersaing ketat dalam hal pendengar podcast di Amerika Serikat. Perusahaan analisis tersebut memperkirakan bahwa Spotify akan mencapai 28,2 juta pendengar podcast di AS secara bulanan pada akhir tahun. Sementara Apple Podcasts akan mendulang 28 juta pendengar.

“Kami memulai perjalanan kami tiga tahun lalu di podcasting dengan katalog sekitar 185.000 podcast. Saat itu kami benar-benar bukan apa-apa dibandingkan dengan pemain terbesar di industri ini. Hari ini, kami memiliki 3,2 juta podcast di platform dengan tingkat pertumbuhan lebih dari 1.500 persen,” kata CEO Spotify Daniel Ek.

Tampaknya capaian perusahaan yang diluncurkan sejak 2008 tersebut tak lepas dari perubahan pada aplikasi Podcasts milik Apple yang dikritik oleh pengguna. Sejumlah podcaster mengeluhkan bug terus menerus yang mengganggu pengalaman pengguna dan antarmuka aplikasi tersebut yang dinilai membingungkan.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.