Selamat Ulang Tahun Google!

Google menjadikan tanggal 27 September tiap tahunnya sebagai perayaan hari ulang tahun mereka.
27 September 2021 00:00 WIB • Bacaan 5 menit
Ulang Tahun Google Ulang Tahun Google
Google doodle untuk ulang tahun ke-23 Google. Sumber: Google.

Tepat hari ini, Google diketahui telah berusia 23 tahun. Raksasa mesin pencari yang kita kenal sekarang ini didirikan oleh dua mahasiswa pascasarjana Stanford, Sergey Brin dan Larry Page.

Sebagaimana dilansir Pocketnow dan diolah dari berbagai sumber, Google kini telah mengalami banyak perkembangan semenjak awal berdirinya. Mari kita lihat sejarah perjalanan dan sejumlah fakta mengenai Google.

Awal Mula Google

Sergey Brin dan Larry Page (keduanya duduk). Foto: Flickr/Joi Ito.

Google bermula sebagai proyek penelitian yang dijalani oleh Sergey Brin dan Larry Page pada 1996. Sebenarnya terdapat satu orang pendiri lainnya, yakni Scott Hassan, yang telah meninggalkan perusahaan pada 1998. Proyek tersebut berupaya menghasilkan algoritma PageRank yang merupakan cikal bakal dari perkembangan Google di masa kini.

Terdapat empat investor utama mendanai Google di awal masa rintisan mereka. Keempatnya ialah Andy Bechtolsheim yang dikenal sebagai salah satu pendiri Sun Microsystems, seorang profesor dari Universitas Stanford, pengusaha Ram Shriram, dan pendiri Amazon Jeff Bezos.

Domain google.com sendiri telah terdaftar pada tanggal 15 September 1997. Google akhirnya berdiri secara resmi pada 4 September 1998. Namun, secara resmi Google merayakan ulang tahun mereka tiap 27 September yang bertepatan dengan momen penggunaan Google doodle perdana untuk merayakan ulang tahun mereka pada 2002 silam.

Nama Google Berasal dari Kesalahan Ejaan

Awalnya, Page dan Brin memilih “Googol” sebagai nama yang mereka sematkan untuk mesin pencari mereka yang kini meraksasa. Googol merupakan istilah untuk bilangan yang sangat besar (1.0 × 10100). Nama tersebut dipilih mereka untuk menjelaskan misi mesin pencarian sebagai gudang informasi yang tidak terbatas.

Namun, saat mereka hendak mendaftarkan situs mereka pada tahun 1998, Sean Anderson yang merupakan kolega dari Larry Page salah mengetik ejaan “googol.com” untuk domain yang didaftarkan. Atas kesalahan ejaan tersebut, pada akhirnya perusahaan menggunakan nama Google yang bertahan dan dikenal hingga kini.

Gmail Diperkenalkan Saat April Mop

Ilustrasi: Unsplash/Solen Feyissa

Layanan surel yang kini banyak digunakan orang pertama kali diperkenalkan pada 1 April 2004. Oleh karena itu, banyak orang yang mulanya tidak percaya akan peluncuran layanan tersebut.

Terlebih saat itu CNN melaporkan bahwa Google memberikan layanan sebesar 1 GB untuk layanan surel. Di masa itu kapasitas penyimpanan sebesar 1 GB dianggap sangatlah besar sehingga banyak menyebabkan orang menaruh curiga.

Google Sempat Ingin Menjual Mesin Pencari Mereka ke Yahoo pada 1997

Tampilan halaman Yahoo pada tahun 1997. Foto: Flickr/Yahoo.

Page dan Brin, sebelum secara resmi meluncurkan layanan mesin pencari mereka pada 1998, mendekati Yahoo dan berniat menjual sistem PageRank mereka yang dipatenkan seharga $1 juta. Namun, saat itu Yahoo tidak tertarik dengan tawaran mereka.

Kemudian, pada tahun 2002, saat valuasi Google meningkat, Yahoo mengajukan tawaran untuk membeli Google seharga $3 miliar, tetapi Page dan Brin menolaknya.

Server Google Pertama Dibuat dari Lego yang Ditumpuk

Sasis server pertama Google terbuat dari susunan Lego. Foto: Flickr/Steve Jurvetson.

Sasis atau casing server pertama untuk pengujian beta yang digunakan Google terbuat dari tumpukan Lego. Larry Page dan Sergey Brin yang merakitnya sendiri. Tumpukan Lego tersebut menggunakan warna kebesaran Google: merah, kuning, biru, dan hijau. Saat itu kapasitas penyimpanan server mereka mencapai maksimal 4 GB. Pada 1999, Brin dan Page memberikannya ke Universitas Stanford.

Bagaimana dengan Google Saat Ini?

Logo Android. Foto: CCNULL/Marco Verch.

Google telah terjun ke banyak bidang dan lini kehidupan. Perusahaan ini kini bergerak dalam layanan streaming video, produsen ponsel pintar dan sistem operasi Android yang kini paling banyak digunakan orang-orang, pemilik aplikasi navigasi yang juga banyak digunakan, dan lain sebagainya.

Pada 2015, Google mengumumkan rencana untuk mereorganisasi berbagai lini bisnisnya ke dalam naungan Alphabet Inc. Saat ini Google yang dipimpin oleh Sundar Pichai merupakan anak perusahaan dari Alphabet sementara Larry Page dan Sergey Brin saat itu mendirikan perusahaan induk Alphabet dimaksud.

Meski saat ini keduanya sudah melepaskan jabatan mereka di Alphabet, Larry dan Page masih bertindak sebagai anggota dewan direksi di perusahaan induk tersebut.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.