Intel Luncurkan Alder Lake sebagai Prosesor Generasi ke-12

Intel Core i9-12900K, varian teratas Alder Lake saat peluncuran, diklaim sebagai prosesor game terbaik di dunia.
28 Oktober 2021 10:26 WIB • Bacaan 3 menit
Intel Alder Lake generasi ke-12 Intel Alder Lake generasi ke-12
Foto: Intel

Intel resmi meluncurkan keluarga prosesor generasi ke-12 (Alder Lake) dengan meluncurkan enam prosesor desktop baru. Intel Core i9-12900K, varian teratas saat peluncuran, diklaim sebagai prosesor game terbaik di dunia. Prosesor tersebut terdiri atas 16 core dan 24 thread yang mampu mencapai kecepatan clock hingga 5,2 GHz dengan menggunakan teknologi Intel Turbo Boost Max 3.0.

Melalui siaran pers mereka, Intel menyebut bahwa Alder Lake sebagai prosesor generasi ke-12 mereka akan mencakup sebanyak 60 prosesor. Generasi terbaru ini hadir dengan arsitektur hibrid terbaru yang dibangun di atas proses fabrikasi Intel 7 (10 nm) dengan rangkaian produk yang dapat berjalan dengan tenaga 9 hingga 125 watt.

“Arsitektur hibrid terbaru dari prosesor Intel Core generasi ke-12 adalah perubahan arsitektur yang dimungkinkan oleh rekayasa bersama yang erat dari perangkat lunak dan perangkat keras yang akan memberikan tingkat kinerja teratas untuk beberapa generasi. Ini dimulai dengan kedatangan Core i9-12900K yang menjadi andalan kami dan merupakan prosesor game terbaik di dunia,” kata Gregory Bryant, Wakil Presiden Eksekutif dan Manajer Umum Intel.

Arsitektur hibrid yang dibawa Alder Lake tersebut merupakan kombinasi dari core atau inti yang berbeda. Inti yang memiliki kinerja besar dan bertenaga tinggi disebut dengan P-core. Sementara inti dengan daya rendah disebut E-core. P-core selanjutnya akan menangani tugas-tugas yang berat dan single-threaded. Sementara E-core akan menangani proses di latar belakang dan multi-tasking. Pendekatan arsitektur tersebut sebenarnya mirip dengan arsitektur big.LITTLE ARM yang banyak digunakan pada chipset smartphone saat ini.

Arsitektur hibrid Intel tersebut akan digabungkan dengan alat pengoptimalan berbasis hardware yang disebut sebagai Intel Thread Director. Alat pengoptimalan tersebut telah didukung oleh Windows 11.

Prosesor Intel Alder Lake generasi ke-12 ini hadir dengan dukungan hingga 20 jalur PCIe (16 jalur PCIe 5.0 dan 4 jalur PCIe 4.0), memori DDR5 hingga 4800 MT/s, dan ukuran cache L3 dan L2 yang lebih besar. Perubahan besar pada perangkat keras juga berarti bahwa prosesor tersebut akan membutuhkan motherboard Z690 baru yang menambahkan dukungan untuk transfer data Wi-Fi 6E dan USB 3.2 Gen 2×2.

Ilustrasi: Intel

Intel mengumumkan tiga segmen prosesor baru sebagai bagian dari jajaran Alder Lake generasi ke-12 dengan varian teratas ada pada model Intel Core i9-1200K. Prosesor tersebut menawarkan 16 core (8 P-core dan 8 E-core). Dengan 24 thread, prosesor ini mampu mencapai kecepatan clock hingga 5.2 GHz menggunakan teknologi Intel Turbo Boost Max 3.0.

Berikutnya adalah Intel Core i7-12700K dengan 12 core (8 P-core dan 4 E-core) dan 20 thread. Ada juga Core i5-12700K yang merupakan prosesor 10-core (6 P-core dan 4 E-core) dengan 16 thread.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.