Terbaik! Kamera Vivo yang Bisa Dilepas Dapatkan Paten

Ide kamera Vivo yang dapat dilepas bukan sebuah hal yang baru bagi mereka. Oktober 2020 lalu, Vivo memperkenalkannya dalam konsep Vivo IFEA.
6 September 2021 20:53 WIB • Bacaan 3 menit
Kamera Vivo Kamera Vivo
Konsep kamera Vivo IFEA yang mendapat Red Dot Design Award 2020. Ilustrasi: Red Dot.

Vivo baru-baru ini mengerjakan jenis sistem kamera ponsel pintar yang berbeda dari lainnya. Sistem tersebut memungkinkan kamera Vivo yang dapat dilepas dari tempatnya. Tak hanya itu, kamera juga dapat digunakan untuk mengambil gambar dari jarak jauh.

Ide dan pengembangan kamera Vivo yang dapat dilepas bukan sebuah hal yang baru bagi pabrikan Cina tersebut. Pada Oktober 2020 lalu misalnya, mereka memperkenalkan konsep ponsel pintar Vivo IFEA. Gambar konsep itu kemudian mendapatkan anugerah Red Dot Design Award 2020 sebagaimana dikabarkan LetsGoDigital.

Setelah itu, tampaknya Vivo terus bekerja mengembangkan jenis kamera tersebut di belakang layar. Hingga pada akhirnya, pada Februari 2021 lalu, Vivo mengajukan paten ke World Intellectual Property Organization (WIPO) terkait sistem kamera ponsel pintar yang dapat dilepas.

Paten modul kamera Vivo yang dapat dilepas. Sumber: LetsGoDigital.

Modul kamera Vivo yang dapat dilepas tersebut terdiri atas dua kamera dengan flash dan layar sentuh di sisi lainnya. Modul kamera yang dapat dilepas itu dapat dimasukkan di bagian atas perangkat dan akan terpasang melalui mekanisme magnetis di tempatnya.

Sistem kamera baru itu memungkinkan berbagai skenario pengambilan gambar bagi pengguna. Pertama, modul kamera dapat diarahkan ke arah belakang ponsel sehingga dapat berperan sebagai kamera utama.

Pada mode kedua, modul kamera dapat dilepas dan dipasangkan kembali setelah diputar 180 derajat (menghadap depan). Dengan cara ini, kamera akan dapat digunakan untuk mengambil swafoto beresolusi tinggi.

Di mode ketiga, modul kamera juga dapat dilepas dan digunakan terpisah dari ponsel. Dalam hal ini, kamera akan digunakan untuk mengambil gambar jarak jauh dengan pengoperasian melalui layar sentuh di modul kamera atau dari ponselnya.

Vivo memang memiliki banyak pengalaman dengan inovasi di sektor desain kamera. Pada 2018 lalu misalnya, Vivo juga menelurkan konsep Vivo Apex dengan sistem kamera pop-up. Konsep tersebut pada akhirnya berbuah ponsel pintar Vivo NEX yang merupakan ponsel pertama di dunia dengan sistem kamera pop-up.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.