Situs BSSN Alami Peretasan

Insiden ini tampaknya mencoreng nama BSSN yang semestinya menjadi institusi dengan keamanan siber teraman dibanding institusi lainnya di Indonesia.
25 Oktober 2021 19:18 WIB • Bacaan 2 menit
Situs BSSN alami peretasan Situs BSSN alami peretasan
Tampilan salah satu situs milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang mengalami peretasan berupa deface.

Apa jadinya bila Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), lembaga yang bertugas untuk menjaga keamanan siber nasional, justru mengalami peretasan? Inilah yang terjadi pada situs yang berada pada subdomain https://pusmanas.bssn.go.id.

Situs BSSN dengan alamat tersebut tampaknya mengalami peretasan berupa deface, atau mengubah tampilan suatu halaman situs, setidaknya sejak 20 Oktober 2021 lalu.

Kecurigaan terkait adanya tindak peretasan ke sistem lembaga keamanan siber nasional itu sebenarnya sudah terendus sejak beberapa waktu belakangan. Entah memang berkaitan atau tidak, situs utama mereka yang beralamat di https://bssn.go.id sempat dalam mode pemeliharaan teknis selama beberapa hari. Ada kemungkinan bahwa BSSN sedang melakukan pemindaian menyeluruh terkait aktivitas peretasan pada masa-masa itu. Meski demikian, hal tersebut hanyalah spekulasi dan belum dapat dipastikan kebenarannya.

Situs yang mengalami peretasan itu merupakan halaman khusus untuk Pusat Malware Nasional (Pusmanas). Saat ini, insiden tersebut tengah ditangani oleh tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dari internal institusi.

Apabila melihat pesan yang disampaikan oleh pelaku peretasan, tampaknya aksi kali ini dijadikan sebagai ajang balas dendam peretas asal Brazil. Dalam pesannya, para peretas menyebut bahwa aksi mereka ditujukan sebagai respons atas peretasan serupa yang dilakukan para peretas Indonesia yang melakukan peretasan terhadap situs-situs di Brazil.

“son1x was here. This deface is a response to lamers from indonesia who hack brazilian sites.
look how easy it is to fuck your fucked country,” demikian penggalan pesan yang dituliskan dalam halaman situs yang telah di-deface tersebut.

Hingga saat ini, situs Pusat Malware Nasional yang mengalami peretasan tersebut masih belum dapat diakses. Insiden ini tampaknya mencoreng nama BSSN yang semestinya menjadi institusi dengan keamanan siber teraman dibanding institusi lainnya di Indonesia.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.