Kasus Covid-19 pada Anak-Anak Melonjak 30 Kali Lipat di Amerika Serikat

Lonjakan kasus Covid-19 pada anak-anak di Amerika Serikat mencatatkan rekor tertinggi selama pandemi.
15 September 2021 16:21 WIB • Bacaan 2 menit
Covid-19 Anak Covid-19 Anak
Ilustrasi: Unsplash/Kelly Sikkema

Kasus Covid-19 pada kelompok usia anak-anak (di bawah 12 tahun) dilaporkan telah meningkat sebanyak 30 kali lipat sejak akhir Juni di Amerika Serikat. Saat ini lonjakan kasus tersebut bahkan mencapai rekor tertinggi dengan hampir 500 ribu kasus penularan pada anak dilaporkan dalam dua minggu terakhir.

Amerika Serikat telah mencatatkan 5,3 juta kasus penularan Covid-19 secara kumulatif pada anak-anak. Jumlah tersebut mengambil proporsi 15,5 persen (naik dari 14,2 persen pada akhir Juni) dari total kasus dalam pandemi di negeri Paman Sam.

Lonjakan penularan diperkirakan terjadi akibat varian delta. Saat ini semakin banyak kalangan usia dewasa yang memperoleh suntikan dosis vaksinasi sehingga mereka relatif terlindungi dari ancaman virus tersebut. Hal tersebut berbeda dengan kalangan usia anak-anak yang masih belum terdapat vaksin Covid-19 untuk mereka sehingga lonjakan kasus pada kalangan usia anak menjadi tak terhindarkan.

Dengan meningkatnya jumlah kasus tersebut, total kasus pada anak-anak di Amerika Serikat disebut berada pada level tertinggi selama pandemi. Sejak 2 September hingga 9 September, Amerika Serikat mencatat 243.373 kasus penularan pada anak.

Para pejabat di Amerika Serikat memperkirakan bahwa vaksin Covid-19 akan tersedia untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun antara akhir Oktober dan akhir tahun. Hal tersebut seiring dengan pengujian yang tengah dilakukan BioNTech dan Pfizer terkait vaksin mereka yang akan digunakan untuk kalangan usia tersebut.

Meski mengalami lonjakan kasus pada usia anak, tingkat rawat inap dan kematian anak akibat Covid-19 dikatakan tetap rendah. Di antara 24 negara bagian yang melaporkan adanya kebutuhan rawat inap pada anak, secara keseluruhan berkisar antara 1,6 hingga 4 persen dari total kasus rawat inap akibat Covid-19 secara total. Sedangkan untuk kasus kematian, kematian pada anak di 45 negara bagian Amerika Serikat menyumbang angka 0 hingga 0,27 persen dari semua kematian akibat pandemi.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.