Microsoft Mungkinkan Pengguna Miliki Akun Passwordless

Microsoft berpandangan, menghapus kata sandi (passwordless) merupakan langkah keamanan generasi berikutnya yang sederhana, cepat, dan aman.
16 September 2021 16:18 WIB • Bacaan 3 menit
Microsoft passwordless Microsoft passwordless
Ilustrasi: Unsplash/Matthew Manuel

Microsoft mengambil satu langkah ke depan untuk memberikan kemungkinan kepada pengguna layanan mereka memiliki akun tanpa kata sandi (passwordless). Mereka berpandangan, menghapus fitur dan kebutuhan akan kata sandi merupakan langkah keamanan generasi berikutnya yang sederhana, cepat, dan aman.

Lalu, bagaimana cara kita untuk masuk ke dalam suatu layanan bila tidak memiliki kata sandi? Hal tersebut sudah dipersiapkan Microsoft dengan menyediakan metode tanpa kata sandi seperti menggunakan aplikasi Microsoft Authenticator (yang akan dihubungkan ke nomor selular dan perangkat ponsel Anda), Windows Hello (sistem pengenalan wajah atau sidik jari), kunci keamanan fisik, atau kode SMS.

Metode yang disebut sebelumnya (passwordless) dipandang sebagai metode masuk yang lebih aman daripada metode kata sandi tradisional yang mudah dicuri, diretas, atau ditebak. Pengguna yang masih menggunakan kata sandi pun juga akan dibuat kesulitan untuk mengingat kata sandi yang sengaja mereka buat rumit demi alasan keamanan, namun pada akhirnya sulit untuk diingat.

Microsoft menjelaskan, fitur passwordless ini akan digulirkan secara bertahap kepada pengguna layanan mereka dalam beberapa waktu mendatang. Namun, pengguna yang menggunakan layanan Microsoft dengan akun kantor atau edukasi tetap tidak dapat menghapus kata sandi mereka.

Bagi Anda pengguna Windows 10 yang menggunakan kata sandi untuk dapat masuk ke dalam sistem operasi, nantinya Anda juga dapat menghilangkan kata sandi tersebut dan beralih menggunakan metode passwordless lain yang telah disebut sebelumnya untuk dapat masuk ke dalam sistem operasi.

Meski demikian, kata sandi tetap diperlukan dan tidak bisa dihilangkan untuk beberapa layanan di bawah ini:

  1. Xbox 360;
  2. Office 2010 atau sebelumnya;
  3. Office untuk Mac 2011 atau versi lebih lama;
  4. Produk dan layanan yang menggunakan layanan protokol email IMAP dan POP;
  5. Windows 8.1, Windows 7, atau versi sebelumnya;
  6. Beberapa fitur Windows termasuk Remote Desktop dan Credential Manager; dan
  7. Beberapa layanan yang bersifat command line.

Lalu, bagaimana caranya apabila ingin benar-benar menghapus kata sandi akun dan beralih menggunakan metode passwordless lain?

Sebelum melakukannya, Anda diminta untuk mengunduh dan memasang aplikasi Microsoft Authenticator pada ponsel Anda (Android atau iOS). Microsoft juga merekomendasikan penggunanya untuk memperbarui semua aplikasi yang dimiliki. Setelahnya, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke akun Microsoft Anda dan pilih “Additional Security Options“;
  2. Aktifkan opsi “Password-free account”;
  3. Ikuti perintah yang muncul untuk memverifikasi akun Anda; dan
  4. Setujui permintaan yang dikirim ke aplikasi Microsoft Authenticator di perangkat ponsel Anda.

Untuk diketahui, apabila suatu waktu Anda kehilangan akses ke aplikasi Microsoft Authenticator, entah karena perangkat ponsel Anda hilang atau karena sebab lainnya, Anda masih dapat mengakses akun layanan mereka menggunakan metode pemulihan alternatif seperti dengan menggunakan teks SMS atau melakukan pemulihan dengan alamat email cadangan.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *