Samsung Mulai Produksi Massal Panel OLED 90 Hz untuk Laptop

Panel OLED dapat menampilkan gambar yang tampak lebih alami dengan kecepatan refresh yang lebih rendah daripada panel LCD.
16 September 2021 13:22 WIB • Bacaan 2 menit
Samsung OLED laptop 90 Hz Samsung OLED laptop 90 Hz
Reka gambar laptop ASUS dengan panel OLED 90 Hz. Sumber: Samsung Display.

Samsung Display, melalui siaran pers, mengumumkan bahwa per 16 September 2021 memulai proses produksi massal panel OLED laptop dengan kecepatan refresh 90 Hz. Panel terbaru produksi mereka akan digunakan salah satunya pada versi baru dari ASUS Zenbook dan Vivobook Pro 14 inci.

Kecepatan refresh didefinisikan sebagai berapa kali layar dapat menampilkan gambar baru dalam tiap detiknya. Kecepatan refresh 90 Hz berarti layar dapat menampilkan 90 gambar per detik. Semakin tinggi kecepatan refresh, akan semakin halus gerakan pada layar.

Meski demikian, kecepatan refresh yang lebih tinggi juga membutuhkan kartu grafis berkapasitas lebih tinggi dan menggunakan lebih banyak baterai. Dengan alasan tersebut, banyak vendor yang masih belum menggunakan layar dengan kecepatan refresh tinggi.

Samsung Diplay menjelaskan, panel OLED merespons jauh lebih cepat daripada panel LCD yang masih banyak digunakan vendor laptop hingga kini. Panel OLED dapat menampilkan gambar yang tampak lebih alami dengan kecepatan refresh yang lebih rendah daripada panel LCD sehingga relatif lebih menghemat baterai dibandingkan dengan kecepatan yang sama pada panel LCD.

Sumber: Samsung Display

“Permintaan laptop terus meningkat seiring aktivitas bekerja dari rumah dan pembelajaran jarak jauh menjadi norma baru,” ujar Y.C. Chen, ASUS’s PC BU Product Marketing Center Vice General Manager.

Samsung Display sendiri diketahui telah memasok panel OLED untuk vendor laptop global, termasuk ASUS, Dell, HP, dan Samsung Electronics.

“Panel OLED 90 Hz menawarkan lebih banyak pilihan bagi konsumen yang ingin menikmati konten berkinerja tinggi di laptop mereka,” demikian pernyataan Samsung Display.

Selain itu, siaran pers Samsung Display juga menyebut bahwa versi 16 inci dari model ASUS Zenbook dan Vivobook Pro juga akan menampilkan panel OLED 4K resolusi tinggi produksi Samsung Display yang mereka klaim sebagai yang pertama di industri.

Baca Juga:

Samsung Galaxy M22 Diperkenalkan di Jerman

Gawai • 15 September 2021 17:20 WIB
Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.