Qualcomm dan Google Hadirkan Sistem Multimedia Mobil Cerdas untuk Renault

Sistem multimedia mobil tersebut merupakan solusi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang diklaim Qualcomm sebagai yang pertama hadir di industri otomotif.
6 September 2021 20:11 WIB • Bacaan 2 menit
Sistem Multimedia Mobil Qualcomm Sistem Multimedia Mobil Qualcomm
Sumber: Qualcomm

Qualcomm Technologies, Inc. pada Senin, 6 September 2021, mengumumkan melalui siaran pers mereka bahwa perusahaan akan bekerja sama dengan Google dan Renault Group untuk merancang pengalaman dan sistem multimedia mobil yang kaya dan imersif untuk kendaraan listrik generasi berikutnya dari Renault, yakni Mégane E-TECH Electric.

Kendaraan listrik terbaru Renault tersebut telah diresmikan pada hari yang sama di IAA Mobility 2021 di Munchen, Jerman. Qualcomm menyebut bahwa Renault akan membenamkan platform kokpit otomotif Snapdragon generasi ke-3 milik mereka untuk menghadirkan sistem infotainment, multimedia, dan navigasi canggih di dalam kendaraan.

Platform tersebut merupakan solusi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang diklaim Qualcomm sebagai yang pertama hadir di industri otomotif. Nantinya, AI tersebut akan mendukung tingkat komputasi dan kecerdasan yang lebih tinggi untuk memberikan bantuan virtual bagi pengendara sambil tetap menjaga keselamatan berkendara.

Platform kokpit tersebut akan didukung oleh Sistem Operasi Android Automotive (AAOS) keluaran Google untuk menambah nilai dan kemampuan baru dalam kendaraan. Berkat AAOS, sistem peta navigasi yang akurat juga akan hadir dalam platform tersebut disertai dengan ekosistem aplikasi dan layanan otomotif lain dari Google Play.

“Kokpit digital dengan cepat mengubah cara pengemudi dan penumpang berinteraksi dengan kendaraan mereka, memungkinkan lebih banyak personalisasi dan kenyamanan yang ditingkatkan,” ujar Thierry Cammal, Alliance Global Vice President Renault Software Factory.

Sementara dari pihak Qualcomm sendiri, mereka menyebut adanya permintaan besar dari para konsumen dan produsen otomotif terkait pengalaman virtual dan sistem multimedia mobil dalam kendaraan yang cerdas dan aman. Berdasarkan hal tersebut, Qualcomm berkomitmen untuk membantu memenuhi kebutuhan otomotif yang semakin meningkat itu.

“Kami menyadari permintaan yang meningkat dari konsumen dan produsen mobil akan pengalaman di dalam kendaraan yang cerdas dan aman. Kami bangga memiliki platform kokpit otomotif Snapdragon generasi ke-3 kami berperan dalam membantu memenuhi kebutuhan ini melalui kendaraan Mégane E-TECH Electric,” kata Nakul Duggal, Senior Vice President & GM, Automotive for Qualcomm Technologies, Inc.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *