Samsung Galaxy A52s Dapat Tambahan RAM Lewat Pembaruan Sistem

Memori virtual yang disebut Samsung sebagai "RAM Plus" itu akan hadir seiring pembaruan firmware untuk Galaxy A52s yang saat ini tengah bergulir di India.
11 September 2021 17:37 WIB • Bacaan 4 menit
Samsung Galaxy A52s 5G Samsung Galaxy A52s 5G
Ilustrasi: Samsung Indonesia

Samsung mengikuti jejak sejumlah vendor ponsel lain seperti Xiaomi, OPPO, realme, dan sebagainya dengan ikut menghadirkan fitur RAM virtual pada ponsel pintar mereka. Fitur tersebut pertama kali akan hadir pada pembaruan perangkat lunak yang bergulir untuk Samsung Galaxy A52s wilayah India.

Fitur yang disebut oleh Samsung sebagai “RAM Plus” itu akan hadir seiring pembaruan firmware dengan versi A528BXXU1AUH9 yang saat ini tengah bergulir di India. Dengan pembaruan tersebut, Samsung Galaxy A52s akan mendapat tambahan RAM virtual sebesar 4 GB.

Ponsel tersebut memiliki kapasitas RAM fisik terendah sebesar 6 GB. Dengan penambahan fitur RAM Plus, ponsel setidaknya akan memiliki RAM sebesar 10 GB.

Sumber: SamMobile

Namun, perlu diingat bahwa kinerja yang dihadirkan melalui RAM virtual tersebut tidak akan seefektif RAM fisik bawaan ponsel. RAM virtual pada prinsipnya bekerja layaknya memori swap pada sistem operasi Linux di mana sistem akan menyediakan RAM virtual tambahan dengan mengambil ruang dari penyimpanan (hard disk).

Dengan kata lain, apabila ponsel Samsung Galaxy A52s milik Anda memiliki kapasitas ruang penyimpanan sebesar 128 GB, maka dengan penambahan RAM virtual sebesar 4 GB tersebut, kapasitas ruang penyimpanan Anda akan menjadi 124 GB (termasuk kapasitas ruang yang nantinya dipakai oleh sistem).

Pembaruan tersebut untuk saat ini baru tersedia pada ponsel yang dipasarkan di India. Ke depannya, pembaruan tersebut semestinya juga akan tersedia untuk ponsel di wilayah lainnya, termasuk ponsel Samsung selain Galaxy A52s.

Samsung Galaxy A52s Segera Meluncur di Tanah Air

Samsung Indonesia memastikan bahwa ponsel tersebut akan segera hadir di Indonesia. Rencananya Galaxy A52s akan diperkenalkan di Tanah Air pada 16 September 2021 mendatang.

Model tersebut pada Agustus lalu telah memperoleh sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri. Perangkat dengan nomor model Samsung SM-A528B tersebut diketahui memiliki kandungan dalam negeri sebesar 38,30 persen. Selain itu, Samsung Galaxy A52s 5G juga sudah tampak pada basis data sertifikat Postel Kementerian Kominfo.

Sertifikat TKDN untuk Galaxy A52s.

Meski belum diketahui apakah model yang beredar di Indonesia nantinya akan memiliki spesifikasi yang sama dengan edisi global, Galaxy A52s diketahui membawa Qualcomm Snapdragon 778G 5G yang diproduksi dengan proses fabrikasi 6 nm.

Chipset tersebut akan dipadankan dengan pilihan kapasitas RAM sebesar 6 GB dan 8 GB, yang masing-masing akan memiliki kapasitas ruang penyimpanan sebesar 128 GB dan 256 GB.

Ponsel tersebut akan dilengkapi layar Super AMOLED dengan tingkat refresh 120 Hz seluas 6,5 inci. Layar Super AMOLED yang dibawa Samsung memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel yang dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Pada layar bagian atas terdapat punch hole yang memuat kamera swafoto dengan resolusi 32 megapiksel (f/2.2). Sementara pada bagian belakangnya terdapat empat kamera dengan kamera utama memiliki resolusi 64 megapiksel (f/1.8) yang dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS), kamera ultrawide 12 megapiksel, serta kamera macro dan depth masing-masing dengan resolusi 5 megapiksel.

Untuk harga Galaxy A52s di Indonesia hingga saat ini belum tersedia informasi lebih lanjut. Namun, di India, ponsel tersebut ditawarkan dengan harga terendah ₹32.880 atau sekitar Rp6,4 juta. Untuk kepastian mengenai harga di Indonesia, kita tunggu saja peluncuran resmi ponsel ini pada 16 September mendatang.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.