Sambut Redmi 10 di Indonesia, Jagoan Xiaomi untuk Kamera 50 MP

Redmi 10 disebut bakal membawa standar kamera baru untuk ponsel kelas pemula atau entry-level.
17 September 2021 19:38 WIB • Bacaan 4 menit
Redmi 10 Redmi 10
Redmi 10. Sumber: Xiaomi Global.

Xiaomi Indonesia resmi menghadirkan perangkat kelas pemula atau entry-level mereka, yakni Redmi 10. Meski ditujukan bagi kelas pemula dengan harga yang kompetitif, ponsel tersebut mengusung kamera 50 MP yang luar biasa untuk kelasnya.

Redmi 10 disebut bakal membawa standar kamera baru untuk ponsel kelas pemula. Penerus Redmi 9 itu kini bakal dilengkapi dengan sistem empat kamera dengan kamera 50 MP menjadi kamera utama (f/1.8). Selain itu, ada pula kamera ultrawide dengan 8 MP (f/2.2), dan kamera macro serta depth yang masing-masing memiliki resolusi 2 MP (f/2.4).

Sumber: Twitter/@XiaomiIndonesia

Sebagaimana khas ponsel Xiaomi lainnya, aplikasi kamera di Redmi 10 juga dibekali dengan berbagai filter yang dapat diterapkan saat pengambilan gambar atau video. Sementara pada bagian punch hole atau dot display di bagian depannya, Xiaomi memberikan kamera swafoto dengan resolusi 8 MP (f/2.0).

Dari sisi tampilan layar, perangkat tersebut hadir dengan layar Full HD+ seluas 6,5 inci dengan tingkat refresh 90 Hz dan adaptive sync. Layar dengan tampilan gambar yang bakal jadi lebih halus tersebut disebut menjadi yang pertama di seri Redmi dan lagi-lagi diklaim bakal membawa standar baru di ponsel kelas pemula.

Berbicara soal performa, Redmi 10 akan dimotori oleh MediaTek G88 dengan delapan inti dan menjadi yang pertama secara global yang membawa chipset tersebut di perangkatnya. Meski ditujukan untuk kelas pemula, MediaTek G88 memungkinkan Redmi 10 untuk diajak memainkan game-game favorit Mi Fans. Saat acara peluncuran, terungkap bahwa ponsel tersebut memiliki skor benchmark AnTuTu sebesar 238.114.

Sumber: Twitter/@XiaomiIndonesia

Chipset tersebut juga akan diperkaya oleh pilihan RAM sebesar 4 GB dan 6 GB. Namun, sistem operasi MIUI yang berjalan di dalam ponsel tersebut mendukung penambahan RAM secara virtual sebesar 2 GB (mengambil bagian ruang penyimpanan). Tapi, perlu dicatat bahwa kinerja RAM virtual tidaklah seefektif RAM fisik bawaan. Jelasnya, dengan RAM virtual tersebut, ponselmu tentu tidak akan menjadi secepat ponsel-ponsel flagship yang memang membawa RAM lebih besar dengan prosesor yang juga lebih cepat.

Perangkat terbaru seri Redmi itu juga membawa pilihan ruang penyimpanan sebesar 64 GB dan 128 GB. Apabila pengguna masih butuh ruang lebih, ponsel tersebut mendukung ruang ekspansi dengan kartu microSD hingga 512 GB.

Untuk mendukung aktivitas sehari-hari, Redmi 10 dibekali baterai sebesar 5.000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat 18 W. Perlu diketahui bahwa Redmi 10 Prime yang khusus dirilis di India membawa baterai sebesar 6.000 mAh.

Pengisi daya sudah termasuk dalam paket penjualan. Yang lebih menarik, Redmi 10 hadir dengan fitur reverse wired charging 9 W yang memungkinkan ponselmu menjadi seperti power bank. Hal itu saat ini dinilai sangat berguna, misalnya untuk mengisi daya TWS yang kamu bawa.

Dengan baterai 5.000 mAh tersebut, Mi Fans diperkirakan dapat menggunakan ponselnya untuk mendengarkan 158 jam lagu di Spotify, menonton tayangan video YouTube selama 14 jam, memainkan game Mobile Legends selama 8 jam, hingga berkomunikasi melalui telepon selama 30 jam.

Lebih jauh, Redmi 10 diketahui membawa speaker ganda yang memberikan pengalaman audio tersendiri saat menonton tayangan video bila dibandingkan dengan menggunakan perangkat yang hanya membawa speaker tunggal.

Sumber: Twitter/@XiaomiIndonesia

Dari sisi konektivitas, Redmi 10 datang dengan Bluetooth 5.1, FM Radio serta Wifi 2.4 GHz dan 5 GHz. Ponsel tersebut juga menyertakan port audio 3,5 mm. Tak lupa, Xiaomi memberikan sensor sidik jari pada bagian samping ponsel, sementara sensor seperti IR blaster juga masih tersedia pada seri ini.

Di Indonesia, Redmi 10 akan hadir dalam pilihan warna Carbon Gray, Pebble White, dan Sea Blue. Sementara untuk harganya, perangkat tersebut dibanderol dengan paket harga berdasarkan besaran RAM dan kapasitas ruang penyimpanan di bawah ini:

  1. 4 GB + 64 GB: Rp1.999.000
  2. 6 GB + 128 GB: Rp 2.399.000

Xiaomi Indonesia akan membuka penjualan perdana dari Redmi 10 pada tanggal 22 September 2021 pukul 10.00 WIB mendatang melalui mi.com, Xiaomi Store, Lazada, Akulaku, dan erafone. Nantinya, perangkat tersebut juga akan tersedia di toko-toko retail pilihan Xiaomi.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.