Cek Spesifikasi Samsung Galaxy A52s yang Bakal Masuk Indonesia

Rencananya, Samsung Galaxy A52s 5G akan diperkenalkan secara resmi di Tanah Air pada 16 September 2021 mendatang.
11 September 2021 19:16 WIB • Bacaan 4 menit
Samsung Galaxy A52s 5G Samsung Galaxy A52s 5G
Ilustrasi: Samsung Indonesia

Samsung Indonesia telah memastikan bahwa Galaxy A52s akan segera hadir di Indonesia. Rencananya ponsel terbaru dari seri A tersebut akan diperkenalkan di Tanah Air pada 16 September 2021 mendatang.

Kepastian itu juga didukung informasi mengenai sertifikat Postel dari Kementerian Kominfo dan Tingkat Kandungan Dalam Negeri yang telah terbit pada Agustus lalu. Perangkat dengan nomor model Samsung SM-A528B tersebut diketahui memiliki kandungan dalam negeri sebesar 38,30 persen.

Namun, selain dari informasi di atas, saat ini tampaknya halaman khusus dan halaman dukungan mengenai Samsung Galaxy A52s sudah tayang di situs Samsung Indonesia. Halaman tersebut memuat lengkap informasi mengenai spesifikasi ponsel tersebut.

Dimulai dari dapur pacu, Galaxy A52s akan hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 778G dengan delapan inti yang mendukung jaringan 5G. Menurut halaman itu, tampaknya ponsel tersebut hanya akan tersedia di Indonesia dalam pilihan RAM sebesar 8 GB dan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 256 GB (efektif 220,2 GB) dengan tambahan hingga 1 TB dengan kartu microSD (terpisah) melalui slot hybrid.

Tangkapan layar halaman pembelian Samsung Galaxy A52s yang sudah dapat diakses di situs Samsung Indonesia.

Samsung membekali ponsel terbarunya dengan layar Super AMOLED Full HD+ (1080 x 2400) dengan tingkat refresh sebesar 120 Hz yang belakangan ini jamak dihadirkan sejumlah vendor ponsel di produknya. Selain itu, layar Samsung juga dilengkapi dengan fitur Eye Comfort Shield yang dapat menurunkan tingkat cahaya biru. Layar Galaxy A52s 5G tersebut telah menerima Sertifikasi Eye Care oleh SGS berdasarkan kemampuannya untuk mengurangi efek berbahaya dari cahaya biru.

Layar tersebut juga memiliki tingkat kecerahan hingga mencapai 800 nits sehingga tidak menjadi masalah bagi Galaxy A52s untuk digunakan dengan terpapar sinar matahari langsung pada siang hari yang cerah.

Pada layar bagian atas terdapat punch hole yang memuat kamera swafoto dengan resolusi 32 megapiksel (f/2.2). Sementara pada bagian belakangnya terdapat empat kamera dengan kamera utama memiliki resolusi 64 megapiksel (f/1.8) yang dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS), kamera ultra wide 12 megapiksel, serta kamera macro dan depth masing-masing dengan resolusi 5 megapiksel (f/2.4).

Tangkapan layar halaman Samsung Galaxy A52s dari situs Samsung Indonesia.

Selain itu, ponsel tersebut juga membawa sertifikasi IP67 untuk ketahanan air dan debu. Galaxy A52s diklaim dapat bertahan di kedalaman air tawar hingga 1 meter selama 30 menit.

Tangkapan layar halaman Samsung Galaxy A52s dari situs Samsung Indonesia.

Lebih jauh, Samsung membekali ponselnya dengan baterai sebesar 4.500 mAh dengan dukungan terhadap pengisian daya cepat 25 W. Speaker stereo dari Dolby Atmos juga tersemat pada bagian atas dan bawah ujung layar.

Adapun dari sisi konektivitas, Galaxy A52s dilengkapi dengan USB 2.0 tipe C, port audio 3,5 mm, wifi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, Bluetooth 5.0, NFC, hingga teknologi lokasi GPS, Glonass, Beidou, Galileo, dan QZSS.

Samsung Galaxy A52s 5G akan menjalankan antarmuka khusus Samsung, yakni One UI, dengan basis Android versi 11. Saat peluncuran, ponsel tersebut akan tersedia dalam warna Light Green, Black, dan Light Violet.

Sebelumnya diberitakan bahwa ponsel tersebut akan memperoleh pembaruan firmware dengan penambahan dukungan terhadap RAM virtual sebesar 4 GB. Samsung menyematkan nama “RAM Plus” untuk fitur tersebut.

Hingga saat ini belum tersedia informasi lebih lanjut mengenai harga Galaxy A52s di Indonesia. Namun, di India, ponsel tersebut ditawarkan dengan harga terendah (6 GB + 128 GB) ₹32.880 atau sekitar Rp6,4 juta. Untuk kepastian mengenai harga dan spesifikasi resmi di Indonesia, kita tunggu saja peluncuran ponsel ini pada 16 September mendatang.

Baca Juga:

Rumor Peluncuran Samsung Galaxy M52 5G

Gawai • 15 September 2021 18:06 WIB
Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *