Sudah Divaksin? Ini Cara Unduh Sertifikat Vaksinasi di PeduliLindungi

Cari tahu langkah mengunduh sertifikat vaksinasi di aplikasi atau situs resmi PeduliLindungi.
12 September 2021 17:10 WIB • Bacaan 9 menit
Vaksinasi Covid-19 Vaksinasi Covid-19
Presiden Joko Widodo saat menerima suntikan perdana vaksinasi Covid-19 pada Rabu, 13 Januari 2021, di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.

Dalam beberapa waktu mendatang, pemerintah akan memperluas penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan persyaratan sertifikat vaksinasi di sejumlah fasilitas publik seperti mal hingga moda transportasi massal. Dengan demikian, sudah selayaknya aplikasi PeduliLindungi terpasang pada perangkat ponsel masyarakat apabila hendak bepergian.

Nantinya, aplikasi tersebut akan menjadi penentu apakah seseorang dapat memasuki suatu fasilitas publik. Selain dapat menunjukkan sertifikat vaksinasi seseorang, aplikasi juga bisa menunjukkan hasil penapisan berwarna hijau pada layar perangkat ponsel pengguna yang mengindikasikan bahwa seseorang telah mengikuti program vaksinasi dan mendapat suntikan dua dosis vaksin Covid-19. Warna hijau tersebut juga menunjukkan hasil tes PCR negatif dalam kurun waktu 2×24 jam atau nonreaktif dari hasil antigen dalam waktu 1×24 jam apabila seseorang melakukan pemeriksaan.

Satu hal yang perlu diingat bahwa vaksinasi Covid-19 dapat mencegah Anda untuk tidak mengalami gejala berat apabila terinfeksi Covid-19. Penelitian menunjukkan, orang yang memperoleh dosis vaksinasi Covid-19 secara lengkap memiliki kemungkinan 5 kali lebih kecil untuk terinfeksi varian baru Covid-19 (delta), sekurangnya 10 kali lebih kecil kemungkinan untuk dirawat di rumah sakit, juga setidaknya 10 kali lebih kecil kemungkinan untuk meninggal karena terinfeksi varian tersebut.

Untuk mengetahui status vaksinasi yang sudah Anda jalani, hasil tes Covid-19, hingga mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan dengan dua cara, yakni melalui aplikasi PeduliLindungi yang terpasang pada perangkat Android atau iOS Anda dan melalui situs resmi PeduliLindungi.

Cek Status Vaksinasi PeduliLindungi Melalui Ponsel (Android dan iOS)

Sebelum menggunakan aplikasi PeduliLindungi, pastikan Anda mengizinkan PeduliLindungi dapat mengetahui lokasi Anda melalui fitur lokasi dan GPS pada perangkat ponsel pintar yang digunakan. Jangan lupa juga untuk terlebih dahulu memperbarui aplikasi PeduliLindungi yang terpasang mengingat pemerintah terus mengembangkan dan memperbarui aplikasi tersebut sesuai kebutuhan.

Tenang saja, apabila Anda belum melakukan pengaturan atau mengaktifkan lokasi di perangkat, aplikasi PeduliLindungi akan memberikan pemberitahuan yang akan langsung mengarahkan Anda untuk mengaktifkan dan mengizinkan penggunaan fitur lokasi.

Jika berhasil menyalakan dan mengizinkan fitur lokasi untuk aplikasi PeduliLindungi, maka aplikasi akan memberikan pemberitahuan lanjutan yang bertuliskan, “Selamat! Anda sedang ikut berpartisipasi!”. Apabila telah mendapatkan pemberitahuan tersebut, maka Anda dapat langsung menggunakan PeduliLindungi, membuat akun, dan masuk ke akun Anda.

Langkah di bawah ini mengasumsikan Anda telah masuk ke akun Anda di dalam aplikasi PeduliLindungi. Apabila belum masuk atau belum memiliki akun, maka Aplikasi akan mengarahkan Anda untuk terlebih dahulu membuat akun PeduliLindungi. Ikut langkah yang diarahkan aplikasi tersebut untuk kemudian masuk ke dalam aplikasi PeduliLindungi.

Gambar 1 – Tampilan aplikasi PeduliLindungi pada perangkat Android.

Selebihnya, untuk dapat mengetahui status vaksinasi dan hasil tes Covid-19 (apabila menjalani pemeriksaan dalam waktu 30 hari terakhir), lakukan langkah berikut:

  1. Pilih tab “Akun” yang berada pada bagian kanan atas aplikasi. Sebelum itu, pastikan untuk login terlebih dahulu dengan akun Anda.
  2. Klik tombol “Status Vaksinasi & Hasil Tes COVID-19”.

Setelah menjalani dua langkah tersebut, maka Anda akan langsung dihadapkan pada tampilan status vaksin Anda. Warna penapisan juga akan tertera di tampilan itu di mana apabila warna hijau yang muncul, Anda akan diizinkan untuk memasuki fasilitas publik yang telah ditentukan.

Gambar 2 – Status vaksin dan tes Covid-19 di PeduliLindungi pada perangkat Android.

Saat berada di fasilitas publik, biasanya petugas akan meminta Anda untuk menunjukkan QR Code (kode QR) dari PeduliLindungi. Untuk dapat menunjukkan kode QR tersebut cara yang ditempuh hampir sama dengan cara sebelumnya:

  1. Pilih tab “Akun” yang berada pada bagian kanan atas aplikasi (lihat Gambar 1).
  2. Klik tombol “Tampilkan QR Code”.

Setelahnya kode QR akan langsung muncul dan petugas akan melakukan scanning terhadap kode QR tersebut. Informasi mengenai status vaksinasi dan hasil tes Covid-19 Anda selanjutnya akan muncul di perangkat scanning yang digunakan petugas.

Cek dan Unduh Sertifikat Vaksinasi di PeduliLindungi Melalui Ponsel (Android dan iOS)

Melalui aplikasi yang sama, Anda juga dapat memeriksa status vaksinasi Anda dan mengunduh sertifikat vaksinasi PeduliLindungi. Caranya juga hampir serupa dengan langkah pada bahasan sebelumnya (silakan merujuk pada Gambar 1 di atas):

  1. Pilih tab “Akun” yang berada pada bagian kanan atas aplikasi.
  2. Klik tombol “Sertifikat Vaksin”.
  3. Pilih nama anda pada tampilan yang muncul.

Setelahnya akan muncul tampilan layar yang memuat sertifikat vaksinasi di PeduliLindungi Anda. Apabila telah mengikuti dua vaksinasi Covid-19, maka layar tersebut akan langsung menunjukkan kedua sertifikat vaksinasi.

Gambar 3 – Sertifikat vaksinasi pada aplikasi PeduliLindungi.

Anda dapat mengklik salah satu sertifikat tersebut untuk mengunduh sertifikat vaksinasi PeduliLindungi dengan cara menekan tombol “Unduh Sertifikat” yang ada pada bagian kanan bawah.

Cek Status Vaksinasi Melalui Situs Resmi PeduliLindungi

Selain menggunakan aplikasi PeduliLindungi (Android dan iOS), Anda juga dapat memeriksa status vaksinasi Covid-19 melalui situs resmi PeduliLindungi yang beralamat di https://pedulilindungi.id.

Pastikan alamat yang Anda kunjungi sesuai dengan tautan di atas mengingat belakangan ini terdapat situs palsu PeduliLindungi yang dapat mencuri data pribadi Anda.

Gambar 4 – Situs asli dan resmi PeduliLindungi beralamat di https://pedulilindungi.id

Setelah mengunjungi tautan tersebut, Anda akan langsung dihadapkan pada formulir pemeriksaan status Anda dalam program vaksinasi Covid-19 (Gambar 4). Ikuti langkah berikut:

  1. Masukkan nama lengkap dan NIK
  2. Centang pada form input bertuliskan “I’m not a robot” untuk membuktikan bahwa Anda adalah pengunjung asli, bukan bot atau program lainnya.

Ikuti saja perintah di mana Anda akan diminta memilih semua gambar yang telah ditentukan sebelumnya. Apabila terdapat perintah untuk memilih semua gambar “cars”, maka pilih semua gambar yang terdapat mobil di dalamnya sampai selesai. Setelahnya, klik tombol “Verify”

Apabila berhasil, maka Anda akan langsung dihadapkan pada tampilan layar yang berisi status vaksinasi dan tes Covid-19 (apabila menjalani pemeriksaan). Dalam tampilan yang sama, Anda juga mengetahui status penapisan Anda di mana warna hijau akan membolehkan Anda untuk memasuki sejumlah area publik tertentu.

Gambar 5 – Status vaksin dan tes Covid-19 di situs resmi PeduliLindungi.

Cek dan Unduh Sertifikat Vaksinasi Melalui Situs Resmi PeduliLindungi

Untuk memeriksa dan mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19 melalui situs resmi PeduliLindungi, Anda dapat mengunjungi tautan https://www.pedulilindungi.id/periksa-sertifikat

Sekali lagi, pastikan alamat yang Anda kunjungi sesuai dengan tautan di atas mengingat belakangan ini terdapat situs palsu PeduliLindungi yang dapat mencuri data pribadi Anda.

Setelah mengunjungi tautan tersebut, Anda akan dihadapkan pada formulir untuk masuk ke akun Anda. Pengguna dapat memilih untuk masuk menggunakan alamat email atau nomor telepon. Contoh ini akan memandu Anda untuk masuk ke Akun masing-masing menggunakan nomor telepon.

Gambar 6 – Form masuk ke akun PeduliLindungi.

Namun, apabila Anda belum memiliki akun PeduliLindungi, silakan klik “Daftar” pada bagian bawah form isian (Gambar 6) tersebut untuk membuat akun terlebih dahulu.

Apabila Anda memilih untuk masuk menggunakan nomor telepon, maka sistem PeduliLindungi akan mengirimkan 6 digit kode unik melalui SMS. Masukkan kode unik tersebut ke dalam form isian pada tautan sebelumnya.

Gambar 7 – Form isian pemeriksaan sertifikat vaksinasi Covid-19 pada situs resmi PeduliLindungi.

Apabila berhasil masuk, Anda akan dihadapkan pada form isian baru (Gambar 7). Kemudian ikuti langkah berikut:

  1. Masukkan Nama Lengkap dan NIK atau nomor paspor
  2. Masukkan tanggal lahir dan tanggal vaksin Anda dalam format mm/dd/yyyy (contoh: apabila mengikuti vaksinasi pada 13 September 2021, maka isikan 09/13/2021 pada bagian tanggal vaksin)
  3. Pilih jenis vaksin yang sudah Anda terima
  4. Centang pada form input bertuliskan “I’m not a robot” untuk membuktikan bahwa Anda adalah pengunjung asli, bukan bot atau program lainnya.

Ikuti saja perintah di mana Anda akan diminta memilih semua gambar yang telah ditentukan sebelumnya. Apabila terdapat perintah untuk memilih semua gambar “cars”, maka pilih semua gambar yang terdapat mobil di dalamnya sampai selesai. Setelahnya, klik tombol “Verify”

Gambar 8 – Sertifikat vaksinasi pada situs resmi PeduliLindungi.

Apabila berhasil, maka Anda akan langsung dihadapkan pada tampilan layar yang berisi seluruh sertifikat vaksinasi Anda (Gambar 8). Anda dapat mengklik salah satu sertifikat tersebut di mana selanjutnya akan muncul tampilan sertifikat Anda dalam ukuran yang lebih besar dan mengklik tombol “Unduh Sertifikat” pada bagian bawah layar untuk mengunduhnya.

Untuk diketahui, sebagaimana telah diberitakan sebelumnya bahwa dalam beberapa waktu mendatang, pemerintah akan mulai memberi tindakan tegas bagi masyarakat yang diketahui masuk ke dalam kriteria yang tidak diizinkan sistem PeduliLindungi untuk ke luar rumah atau tempat isolasi namun diketahui masih melakukan aktivitas di area publik. Salah satu tindakan tegas yang dapat dilakukan ialah dengan membawa mereka ke pusat isolasi untuk mencegah terjadinya penularan baru.

“Pemerintah akan mengambil langkah persuasif dalam penegakan aturan-aturan ini sebelum mengambil langkah tegas jika upaya-upaya persuasif diabaikan,” ujar Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Luhut Binsar Pandjaitan, dalam keterangannya pada 6 September 2021.

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) juga akan mengimplementasikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di lingkungan instansi pemerintahan. Kebijakan tersebut diambil agar seluruh instansi dapat memperkuat protokol kesehatan di lingkungan kantor masing-masing.

Baca Juga:

Pecandu Wi-Fi. Penggemar Linux. Pemuja aplikasi free dan open source. Berkomunikasi dengan sesama dalam bahasa HTML, CSS, dan sedikit JavaScript.
Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.